hero
Pangeran Harry. (MIRROR)

EDITOR : TITO SIANIPAR

26 Juni 2017, 18:45 WIB

INGGRIS

Pewaris tahta kerajaan Inggris Pangeran Harry ingin keluar dari kehidupan istana. Dalam wawancara dengan majalah Newsweek, Harry mengaku tidak berminat menjadi raja dan ingin menjalani kehidupan normal sebagai rakyat biasa. 

Masa-masanya menjadi tentara menurut Harry adalah pelarian terbaik dari rutinitas hidup sebagai keluarga raja. "Suatu saat saya merasa ingin keluar dari istana. Namun saya memutuskan bertahan dan bekerja sesuai dengan peran yang saya suka," ujar Harry seperti dilansir laman berita The Guardian, 25 Juni 2017.

Pangeran Harry saat mengabdi di tentara. (REUTERS)

Dia menyebutkan periode mengabdi di militer ingin diulanginya. "Saat saya menjadi tentara, saya bukan pangeran, tapi saya adalah Harry," ujarnya. Namun karirnya sebagai tentara tak bertahan lama. Ia ditarik dari Afganistan karena pemerintah Inggris khawatir keamanannya.

Penjagaan ketat dan sorotan publik membuat Harry jengah. Menurut putra kedua dari Pangeran Charles dan Putri Diana ini, dirinya tak ubahnya seperti ikan emas yang tinggal di dalam akuariaum. Ia mengenang saat-saat pemakaman ibunya. 

"Ibu saya baru saja meninggal dan saya merasa ditonton jutaan orang lewat televisi saat mengantar jenazahnya," ujar Harry. "Saya rasa tak ada anak usia dua belas tahun yang menginginkan hal seperti itu."

Putri Diana bersama Pangeran Harry. (PA)

Namun, sampai saat ini Harry belum memutuskan akan meninggalkan istana. Bersama sang kakak, Pangeran William, Harry terlibat dalam beberapa kegiatan amal. "Kami merasa mengikuti jalan dari ibu kami," jelas Harry.

Dengan menolong veteran perang, Harry merasa kesehatan mentalnya membaik setelah tertekan selama dua puluh tahun. Harry juga memuji Ratu Elizabeth, sang nenek yang membiarkan dirinya dan Wiliam memilih kegiatan yang mereka sukai.

"Dia (Ratu Elizabeth) mengatakan kepada kami untuk menikmati waktu dan memikirkan baik-baik apa yang kami mau,"
 tutur pangeran berusia 32 tahun ini.

Keluarga kerajaan Inggris. (AP)

Harry berharap suatu saat nanti dirinya dan Pangeran Wiliam bisa membuat kerajaan yang lebih modern. Harry terkesan dengan apa yang ditunjukkan oleh ibunya yang bisa hidup secara normal. "Saya ingin suatu saat nanti anak saya bisa merasakan hidup yang normal," kata dia.

JANUAR YUDHA | THE GUARDIAN | TELEGRAPH | DAILY MAIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments