hero
Transjakarta yang sedang terparkir. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

14 Juni 2017, 11:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono akan menyelidiki pemicu demonstrasi ratusan karyawannya yang berujung pada aksi mogok kerja pada Senin kemarin. Dugaan sementara, kata Budi, ada kesalahpahaman.

"Kemarin mereka manyampaiman aspirasi, ada dialog," kata Budi, di kantornya, Rabu, 14 Juni 2017. "Dari beberapa pertanyaan, ada yang komunikasi kurang lancar, jadi yang mereka tangkap itu berbeda dengan policy."

Bus Transjakarta di Halte Harmoni Jakarta. (NET/Andri Praseto)

Budi mengatakan setelah dialog itu, permasalahan dan tuntutan anak buahnya sementara bisa diselesaikan. "Mereka minta secara tertulis untuk memperhatikan  status karyawan. Mereka berharap bisa menjadi pegawai tetap."

Aspirasi para karyawan Transjakarta itu, kata Budi, akan dikonsultasikan dengan Pemerintan Provinsi DKI Jakarta. Musababnnya, PT Transjakarta merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang di bawah naungan pemerintah ibu kota.

Budi menilai para karyawannya itu panik. Musababnya, sebagian besar dari mereka sudah memasuki usia 35 tahun. "Misalnya ada kekhawatiran usia 35 tahun tidak diperpanjang (kontraknya)."

Selain itu, kata Budi,  para karyawan mengkhawatirkan larangan menikah satu kantor.  "Manajemen sudah mengeluarkan surat, dari Januari 2016 ke bawah yang sudah tercatat karyawan mereka boleh kerja sama istri."

Bus Transjakarta di Halte Harmoni Jakarta. (NET/Andri Praseto)

Budi mengklaim beberapa kesepakatan sudah tercapat antara manajemen dan karyawan. Dia berharap pegawainya itu tidak kembali melakukan aksi unjuk rasa yang berujung pada mogok kerja.

"Karena kemarin kira-kira 30 ribu pelanggan turun selama siang (mogok) itu," ujar Budi. "Karena demo bisa mengganggu pelayanan masyarakat."

NADIA SOEKARNO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments