hero
Siti Aisyah dibawa menuju pengadilan. (ANTARA)

EDITOR : TITO SIANIPAR

30 Mei 2017, 14:30 WIB

MALAYSIA

Kasus pembunuhan Kim Jong Nam dengan dua terdakwa perempuan dilimpahkan ke pengadilan tinggi Malaysia. Mereka, warga Indonesia Siti Aisyah dan warga Vetnam Doan Thi Huong, terancam hukuman mati jika terbukti membunuh.

Penyerahan berkas ini diwarnai oleh protes Gooi Soon Seng, pengacara Aisyah. Pasalnya pihak kuasa hukum belum bisa mengakses berkas pengadilan sejak awal kasus ini masuk pengadilan distrik Sepang, Malaysia pada awal Maret 2017 lalu.

"Konsep peradilan yang fair menuntut semua materi dan dokumen seharusnya diberikan kepada pengacara secepat mungkin untuk kepentingan membela terdakwa," kata Gooi seusai pengadilan pada Selasa, 30 Mei 2017 di Sepang, Selangor, Malaysia.

Kompleks Mahkamah Sepang Selangor (NET/Widi)

Protes pengacara itu karena baik ketika masih proses penyidikan di polisi dan proses dakwaan di pengadilan oleh jaksa, berkas Aisyah belum diberikan. Di sidang yang barusan pun, berkas tersebut belum bisa dikasih jaksa karena belum siap.

Gooi sendiri khawatir proses pembuktian Aisyah bersalah oleh polisi cuma mengada-ada dengan menyebutnya sebagai "peradilan oleh penangkapan". Pasalnya polisi tak pernah memenuhi permintaan berkas dan rekaman CCTV yang diminta pengacara.

Siti dikawal tetap, bahkan mengenakan rompi anti peluru. (ANTARA)

Iskandar Ahmad, jaksa yang menangani kasus pembunuhan Jong Nam, hanya menjawab singkat ketika ditanya kapan sidang di Pengadilan Tinggi Shah Alam akan dimulai. "Dalam waktu sebulan," kata Iskandar.

REUTERS | THE SUN

BACA JUGA:
Begini Cara Kerja Racun XV Bunuh Jong-nam
Roller Coaster Kisah Hidup Kim Jong-nam
Dubes Korea Utara Diusir dari Malaysia
Berkas Belum Lengkap, Sidang Siti Aisyah Ditunda

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments