hero
(NASA)

EDITOR : REZA ADITYA

18 Mei 2017, 08:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Batas antar-negara dalam sebuah peta hanya digambarkan garis lurus. Tidak terlihat perbedaan yang mencolok antara negara yang satu dan lainnya.

Namun jika dilihat dari luar angkasa, terdapat perbedaan yang signifikan di setiap negara meski saling berbatasan. Time pada Selasa, 16 Mei 2017 merilis foto-foto luar angkasa yang diabadikan oleh astronot dari Stasiun Luar Angkasa Internasioonal (ISS).


Korea Utara
Foto di Semenajung Korea ini diambil oleh awak Ekspedisi 38 dari ISS pada  bulan Februari 2014. Dalam foto yang diambil malam hari itu, wilayah Korea Utara gelap gulita. Hanya Pyongyang, Ibu Kota Korea Utara, yang terang. Itu pun hanya cahaya kecil.

Perbatasan Negara, Tampak dari Luar Angkasa. (NASA)

 

Sebaliknya, Korea Selatan pada gambar tersebut penuh dengan cahaya. Selain Korea Selatan, foto itu juga menunjukkan Cina dan Jepang  yang dipenuhi gemerlap cahaya.

Israel dan Mesir
Potret ini diambil pada bulan November tahun 2011 oleh kru Ekspedisi 29 dari ISS. Pada gambar itu, terlihat jelas batas wilayah antara Israel dan Mesir.

Foto luar angkasa Israel dan Mesir. (NASA)

 

Yang menjadi menarik adalah pada gambar  terlihat jelas perbedaan lahan kedua negara. Di Israel terlihat kontur lahan pertanian komersial yang membentuk sebuah formasi.

Di Mesir, kontur lahan terlihat lebih terang. Musababnya, tanah di perbatasan itu digunakan pemerintah Mesir untuk ternak. Relief tanah itu menunjukkan perbedaan komoditi.

Jerman Timur dan Jerman Barat
Sudah lebih 25 tahun kedua negara itu bersatu menjadi Federasi Jerman. Namun foto yang diambil oleh astronot Andre Kuipers dari ISS pada 2012 terungkap bahwa dua negara itu beda.

Foto dari luar angkasa wilayah Jerman. (NASA)

 

Perbedaannya adalah di wilayah bekas Jerman Timur pada malam hari cahaya lampu yang dihasilkan berwarna kekuning-kuningan. Sedangkan di wilayah bekas Jerman Barat cahaya lampu berwarna sedikit lebih hijau.

Ini adalah hasil preferensi bentuk pencahayaan yang lebih ramah lingkungan untuk bekas wilayah Jerman Barat.

Haiti dan Republik Dominika
Foto yang diambil dari sebuah satelit pada tahun 2002 ini menunjukkan perbedaan yang cukup mencolok. Wilayah Republik Dominika terlihat lebih hijau ketimbang Haiti.

Foto dari luar angkasa Haiti dan Republik Dominika. (NASA)

 

Perbedaan ini menunukkan bahwa Haiti lebih banyak menebang pohon untuk kepentingan komersial. 

Amerika Serikat dan Meksiko
Beginilah perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat jika dilihat dari foto luar angkasa. Gambar ini diambil pada tahun 2014 dari ISS. Kontur kedua negara terlihat hampir sama.

Amerika dan Meksiko. (NASA)

 

TIME | NASA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments