EDITOR : TITO SIANIPAR

18 Mei 2017, 00:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Anggota satuan pengamanan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bentrok dengan pendemo di depan kediaman Duta Besar Turki untuk Amerika. Sebanyak sembilan orang cedera sementara dua lainnya ditangkap polisi.

Bentrokan terjadi saat Presiden Erdogan berada di dalam rumah duta besar di Washington Amerika, Selasa, 16 Mei, 2017 sore. Para pendemo yang membawa bendera Partai Uni Demokrasi Kurdi (Kurdish PYD) diserang para pengawal presiden itu.

Polisi Washington yang ada di lokasi seolah dianggap tidak ada oleh kedua kubu. Jumlah polisi yang lebih sedikit membuat bentrokan di taman tidak bisa dihindarkan dan dilerai dengan cepat.

Para pengawal yang mengenakan setelan jas dan pakaian rapi seolah tak peduli berada di negara lain. Mereka memukuli pendemo, termasuk seorang perempuan yang ditendang dan tinju hingga jatuh ke tanah.

Para pemrotes Erdogan di Amerika. (REUTERS)

"Kami memprotes kebijakan Erdogan di Turki, Suriah, dan Irak," kata Flint Arthur, salah seorang pendemo. Menurut Flint, pemukulan terhadap pendemo seperti itu adalah hal yang biasa di Turki.

"Mereka mengira bisa menekan kebebasan berbicara dan melakukan intimidasi seperti yang mereka lakukan di Turki," ujar Flint. "Mereka cuma menghentikan kami sebentar. Kami akan terus bersuara," imbuh dia.

Erdogan berada di Amerika dalam rangka kunjungan kenegaraan dan sudah bertemu dengan Presiden Amerika Donald Trump pada pagi harinya. Dalam pertemuan itu Erdogan menyatakan tidak setuju dengan Trump.

Pertemuan Erdogan dan Trump. (APTN)

Yakni terkait rencana Amerika mempersenjatai orang Kurdi di Suriah. Menurut Turki, kelompok Kurdi adalah salah satu pelaku teror di kawasan tersebut. Sementara di Turki, kelompok minoritas Kurdi adalah salah satu penentang Erdogan.

TELEGRAPH | WASHINGTON POST | REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments