hero
Penyidik KPK Novel Baswedan tiba untuk menjalani perawatan di RS Jakarta Eye Center, April lalu. (ANTARA)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

17 Mei 2017, 22:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan akan menjalani operasi mata di Singapura, besok Kamis, 18 Mei 2017. Dokter yang merawat Novel memutuskan mengambil tindakan operasi setelah melakukan pengecekan. 

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, operasi segera dilakukan karena kondisi selaput kornea mata Novel tak kunjung membaik.

"Hasil pemeriksaan untuk pertumbuhan selaput kornea mata kiri dan kanan stagnan. Artinya tidak ada pertumbuhan," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta Rabu, 17 Mei 2017.

Novel saat di rumah sakit Singapore National Eye Centre. (NET)

Febri menjelaskan mata kanan Novel mengalami inflamasi atau peradangan di bagian tengah kornea. Namun tekanan mata normal dan tidak ada infeksi. Padahal selama ini kondisi mata kanan lebih dari mata kiri. Sementara mata kiri Novel justru mengalami peningkatan tekanan dengan menunjukkan angka 20 mmHG.

Tindakan operasi, kata Febri, perlu segera dilakukan untuk mencegah hal yang lebih buruk.  Menurut Febri, telah dilakukan 4 tindakan sebelum dioperasi, yaitu pengecekan kornea mata, pengambilan sampel darah dan urine, x-ray pada dada, dan tes jantung.

"Mulai tengah malam ini Novel diminta puasa untuk kebutuhan pelaksanaan operasi besok," tutur Febri.

Novel saat dirawat di Rumah Sakit Jakarta Eye Center. (NET/Luqman)

Novel diserang dua orang tak dikenal setelah menunaikan salat subuh di Masjid Al-Ihsan, Selasa April lalu. Dua orang itu menyiram air keras ke wajah Novel. Insiden itu terjadi di dekat rumah Novel di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Novel kemudian dirawat ke salah satu rumah sakit di Singapura.

34 hari pasca-penyerangan, polisi belum menetapkan tersangka penyerangan. Polisi telah memeriksatiga orang berinisial M, H, dan AL. Ketiganya dilepas polisi karena tidak terbukti sebagai pelaku penyerangan.

BAMBANG ADI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments