hero
Chelsea Manning saat ditahan militer. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

17 Mei 2017, 21:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Chelsea Manning, tentara Amerika yang membocorkan ribuan kawat diplomatik dibebaskan dari penjara militer di Kansas, Amerika, Rabu, 17 Mei 2017. Manning yang divonis 35 tahun, bebas berkat grasi yang diberikan Presiden Barack Obama di pengujung masa jabatannya.

"Akhirnya dia bisa hidup sebagai perempuan seperti yang diinginkannya," kata Nancy Hollander, pengacara Manning, Rabu, 17 Mei 2017. Pembebasan ini, lanjut Nancy, membuat Manning senang namun juga 'gelisah'. Pasalnya dia adalah pembocor dokumen rahasia negara.

Pembebasan Manning itu juga dikonfirmasi juru bicara tentara Amerika kepada BBC. Disebutkan bahwa tentara berusia 29 tahun itu sudah meninggalkan penjara militer Fort Leavenworth, Kansas, Amerika pagi hari.

Penjara militer Fort Leavenworth, Kansas. (REUTERS)

Manning yang divonis 35 tahun penjara pada Agustus 2013 lalu, sudah ditahan sejak tahun 2010 di penjara Fort Leavenworth. Ia divonis bersalah membocorkan 700 ribu dokumen ke Wikileaks tentang catatan agresi militer tentara AS di Afganistan dan Irak, saat bertugas di sana pada 2010. 

Manning yang juga mantan analis intelijen militer Amerika ini terlahir sebagai pria dengan nama asli Bradley Edward Manning. Namun sedari kecil dia sudah merasa bahwa dia adalah seorang perempuan. Pasca ditahan, dia mengubah namanya menjadi Chelsea.

Penampilan baru Manning. (BBC)

Pada Januari 2017 silam, Presiden Barack Obama memberikan grasi buat Manning. "Ini merupakan bentuk pemberian grasi di pengujung jabatan Obama," kata Dewan Penasihat Gedung Putih Neil Eggleston, kala itu. Kebijakan Obama itu mendapat apresiasi luas.

Manning sendiri gembira dengan pembebasaan ini. "Untuk pertama kalinya, saya bisa melihat masa depan saya sebagai Chelsea," kata Manning sepekan sebelum dibebaskan. "Saya bisa membayangkan hidup sebagai orang yang saya inginkan dan berada di dunia luar yang bebas," imbuh dia.

Pendemo mendukung Manning. (REUTERS)

Pada Senin, 15 Mei 2017, Manning sempat mengirimkan cuitan lucu dari dalam penjara. "Dua hari lagi menuju kebebasan sebagai warga sipil. Sekarang saatnya berburu asuransi kesehatan pribadi seperti jutaan warga Amerika lainnya," tulisnya.

BBC | REUTERS | TELEGRAPH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments