hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

4 Mei 2017, 10:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Tanpa sadar, seseorang terbiasa mengigit kuku mereka sendiri. Umumnya, habit ini dilakukan ketika ia merasa cemas, panik, atau bosan.

Kebiasaan ini diklasifikasikan sebagai salah satu gangguan perilaku dan emosional Impulse Control Disorder (ICD). Sama halnya dengan kebiasaan menggigit pensil, bibir, dan lain lain.

Kalau bahasa ilmiahnya, kebiasaan menggigit kuku disebut dengan Onychophagia. Selain memberi impresi kurang menarik, kebiasaan ini juga bisa memicu penyakit mengerikan.

Berikut beberapa dampak dari kebiasaan mengigit kuku kamu sendiri yang harus kamu tahu!

1. Infeksi.

(MEN'S HEALTH)

Kulit yang terbuka akibat kebiasaan menggigit kuku dapat terinfeksi kuman melalui mulut kamu. Infeksi biasanya ditandai dengan pembengkakan, warna kemerahan, rasa sakit, sampai timbulnya benjolan berisi nanah.

2. Peradangan.

(MEN'S HEALTH)

Komposisi dalam air liur manusia berguna untuk memecah lemak dan makanan. Tapi, air liur kamu juga bisa merusak jaringan kulit di ujung-ujung jarimu hingga meradang akibat terbiasa menggigiti kuku. Sama halnya dengan kebiasaan menjilati bibir yang bisa membuat bibir pecah-pecah.

3. Memicu penyakit.

(MEN'S HEALTH)

Sama buruknya dengan bakteri yang pindah dari mulut ke jari kamu. Kalau kuman yang tersembunyi di sela kuku dan permukaan jari kamu pindah ke mulut dan saluran pencernaan, kamu akan mudah terserang penyakit.

4. Kuku tumbuh ke dalam.

(MEN'S HEALTH)

Bila pada jari kaki kuku bisa tumbuh ke dalam karena pemakaian sepatu yang tidak nyaman, itu juga bisa terjadi pada kuku tangan. Ini salah satu akibat dari kebiasaan menggigiti kuku. 

5. Kutil pada wajah.

(MEN'S HEALTH)

Penyakit kutil wajah dikenal sangat menular. Jari yang terkontaminasi dengan virus ini dapat menular ke wajah dan leher kamu akibat kebiasaan menggigiti kuku.

6. Penyakit herpes tangan.

(MEN'S HEALTH)

Kondisi yang dikenal dengan Whitlow ini merupakan infeksi pada kulit jari dan tangan akibat HSV (Herpes Simplex Virus). Virus ini bisa terdapat di bagian tubuh seperti mulut. Penyakit herpes tangan ditandai dengan demam dan rasa sakit seperti terbakar hingga luka yang mengeluarkan cairan dan darah.

7. Merusak gigi.

(MEN'S HEALTH)

Soket atau dudukan yang menahan akar gigi bisa rusak akibat kebiasaan menggigit kuku. Dampaknya, gigi akan bengkok atau patah akibat kebiasaan ini.

MEN'S HEALTH | POPSUGAR

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments