hero
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (NET/Budi)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

4 Mei 2017, 16:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang menyatakan ada andil JK dalam pemilihan Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. 

JK menegaskan dia tidak melakukan intervensi atas terpilihnya Anies sebagai calon gubernur pilihan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun, JK mengakui pernah berkomunikasi dengan Prabowo.

"Saya kan keluar negeri waktu itu. Tentu berbicara, apa salahnya? Kita berbicara dengan pimpinan partai agar semuanya hasilnya baik, negara aman, maju, dan damai," kata Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis, 4 Mei 2017.

Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden Jakarta. (NET/Budi)

JK tidak setuju jika pembicaraannya dengan Prabowo disebut intervensi.

"Kalau orang berbicara memangnya intervensi? Masa saya tidak bisa bicara. Kalau saya berbicara ke Anda masa saya langsung intervensi Anda? Tidak kan? Kalau berbicara kan boleh saja. Apa salahnya? Semua teman saya," jelasnya.

JK merasa tidak mengintervensi karena tidak memaksakan suatu keputusan. "Kalau intervensi berarti saya memaksa keputusan saya. Yang mengambil keputusan kan ketua partai. Saya hanya berbicara. Apa salah?" tegas dia.

Prabowo Subianto (kiri), Anies Baswedan (tengah), Sandiaga Uno (kanan) saat menyampaikan keterangan pers mengenai hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di DPP Partai Gerindra, Jakarta, Rabu, 19 April 2017. (ANTARA) 

Menurut JK, Anies adalah sosok yang tepat memimpin Ibu Kota.

"Anies orang yang sangat moderat, didampingi pengusaha, orang punya pengalaman, orang dekat Jokowi sebelumnya. Dia juru bicara (Jokowi) selama enam bulan mendampingi. Tidak ada orang paling dekat dengan Pak Jokowi selain Anies selama kampanye. Tidak ada orang lain," lanjutnya.

Sebelumnya Zulkifli Hasan menyebut peran JK dalam penentuan pasangan Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta 2017. Awalnya nama Anies tidak masuk hitungan Gerindra dan partai koalisi lainnya. Zulkfiki mengungkapkan Prabowo menyetujui Anies sebagai calon gubernur setelah dihubungi JK.

DILLA HANTIKA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments