hero
El Clasico yang dimenangkan Barca. (AP)

EDITOR : TITO SIANIPAR

27 April 2017, 15:20 WIB

SPANYOL

Pasca El Clasico, Barcelona dan Real Madrid terus bersaing ketat di puncak klasemen La Liga Spanyol. Kedua tim sama-sama menang besar pada laga Kamis, 27 April 2017 dini hari sehingga posisi klasemen belum berubah dengan poin keduanya yang sama.

Barcelona yang menjamu Osasuna di Stadion Camp Nou menang telak 7-1. Kemenangan itu semakin spesial bagi Barcelona karena ditandai oleh gol perdana Javier Mascherano sepanjang 7 musim karirnya di klub itu, meski lewat titik putih.

Real Madrid juga berpesta gol ke gawang tuan rumah Deportivo La Coruna 2-6. James Rodriguez menyumbang 2 gol pada laga itu sementara Alvaro Morata, Lucas Mazquez, Isco dan Casemiro masing-masing membuat 1 gol ke gawang Deportivo. 

Messi menyumbang dua gol kemenangan Barca. (REUTERS)

Pesta gol raksasa Spanyol itu tak membuat posisi mereka berubah. Barcelona dan Madrid sama-sama mengkoleksi 78 angka. Skuad Luis Enrique berada di puncak karena mereka unggul dalam head to head pasca menang 3-2 pada El Clasico akhir pekan lalu. Namun Madrid memiliki satu pertandingan lebih untuk dimainkan.

Dengan 4 pekan tersisa, kedua tim masih sama-sama berpeluang besar menjadi kampuin La Liga musim ini. Barcelona dianggap memiliki jadwal dan lawan yang lebih mudah ketimbang Real Madrid. Mereka tinggal menyisakan Espanyol di derby Catalan dan Villarreal sebagai lawan berat.

Meskipun kertas Barcelona lebih diunggulkan untuk 4 laga itu, pelatih Luis Enrique tak mau sesumbar. Pasalnya, Barcelona punya catatan buruk kala menghadapi tim lemah musim ini. Mereka sempat tumbang dari Alaves di awal musim dan dari Malaga pada awal bulan lalu.

Morata menyumbang gol buat Madrid. (AP)

"Saya tak merasa bahwa kami favorit sekarang. Madrid memiliki pertandingan lebih sedikit. Kedua tim saya rasa akan menghadapi masa sulit, mulai saat ini hingga akhir musim," ujar Enrique. "Akan ada kejutan tentu saja. Kami harus siap dan memastikan tak tersandung."

Madrid sendiri memiliki jadwal yang lebih padat dan sulit. Selain berkompetisi di La Liga, Madrid masih harus berjuang di Liga Champions. Mereka akan menghadapi rival sekotanya Atletico Madrid, pada laga semifinal pertengahan pekan depan.

Sebelum melawan Atletico, Madrid harus lolos dari hadangan Valencia di Stadion Santiago Bernabeu akhir pekan ini. Mereka juga harus menghadapi Sevilla setelah laga kedua semifinal Liga Champions. Sevilla mengalahkan Los Galacticos pada pertemuan pertama musim ini dengan skor 2-1.

Gol pertama Mascherano. (REUTERS)

Meskipun 2 laga lainnya melawan Granada dan Malaga bisa dianggap mudah, Madrid tetap harus hati-hati. Faktor kelelahan bahkan cedera bisa membuyarkan ambisi mereka meraih gelar Liga Spanyol pertamanya dalam 5 musim terakhir.

Karena itu Zidane menyatakan bahwa dirinya akan terus melakukan rotasi pemain hingga akhir musim nanti. Semua pemain di Real Madrid sama pentingnya dalam situasi seperti saat ini. "Bagi saya tak ada tim A dan tim B. Kami berada di kapal yang sama," ujarnya.

Pemain Madrid rayakan kemenangan. (TWITTER/realmadrid)

"Tim yang bermain lawan La Coruna adalah pemain yang tak selalu turun dan apa yang mereka lakukan hari ini sangat fenomenal. Mereka menunjukkan bahwa mereka ingin bermain," kata Zidane. "Kami hanya harus menyelesaikan laga yang ada," lanjutnya. 

SPORT | AS | SKYSPORT 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments