hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

24 April 2017, 17:30 WIB

INDONESIA

Penyanyi Julia Peres alias Jupe masih terbaring di rumah sakit dalam dua bulan terakhir ini. Penyakit kanker serviks yang dideritanya sudah memasuki stadium empat. 

Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan penyakit yang timbul akibat pertumbuhan sel tidak wajar di bagian serviks. Penyakit ini sebagian besar disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV).

(THE JOURNAL)

Sel kanker menyerang bagian penghubung vagina dan uterus. Wanita yang sangat berisiko terserang kanker ini adalah mereka yang melakukan hubungan seks dengan lebih dari satu pasangan dan perokok. 

Indonesia menempati urutan ke-75 dari 172 negara dengan tingkat kematian tinggi akibat kanker serviks. Sebagian besar kasus kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh diagnosa yang terlambat. 

Kanker baru diketahui ketika sudah memasuki stadium akhir. Sebetulnya, jika ditangani lebih awal, penderita kanker serviks masih punya kemungkinan besar untuk hidup.

(THE JOURNAL)

Buat kamu, wanita yang sudah menginjak usia 21 tahun atau sudah melakukan hubungan seksual, ada baiknya kamu menjalani pemeriksaan Pap Smear. Ini adalah tes untuk memeriksa perubahan sel pada bagian serviks dan menganalisis kemungkinannya berubah menjadi sel kanker.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan tes HPV. Tes ini berguna untuk memeriksa apakah terdapat virus HPV pada organ kewanitaan, yang mengakibatkan pertumbuhan sel tidak wajar.

Pastinya, kamu bisa mencegah kanker serviks dengan gaya hidup sehat. Hindari merokok, seks bebas, dan upayakan untuk vaksin HPV sebelum usia 26 tahun.

WORLD HEALTH RANKINGS | CDC

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments