EDITOR : REZA ADITYA

7 April 2017, 11:30 WIB

INDONESIA

Sebuah video yang dirilis oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat menunjukkan detik-detik peluncuran rudal ke Suriah pada Jumat, 7 April 2017 dinihari. Peluru kendali itu diluncurkan dari dua kapal perang AS yang berada di Laut Mediterania.

Sebanyak 60 rudal Tomahawk ditembakkan ke arah jantung pertahanan militer dan pemerintahan Suriah. Dua kapal perang AS, USS Ross dan USS Porter, siaga dan siap menggempur pertahanan Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

Rudal yang diluncurkan dari USS Porter untuk menghancurkan Suriah. (REUTERS)

Serangan militer ini merupakan perintah langsung dari Presiden AS Donald John Trump. Presiden ke-45 negeri Paman Sam itu geram atas gempuran gas beracun kimia yang diduga dilakukan Assad  pada Selasa kemarin.

Trump dalam konferensi persnya di Gedung Putih pada Kamis, 6 April 2017 atau beberapa jam sebelum serangan, menilai negaranya harus mengambil sikap atas insiden kemanusiaan di Suriah.

"Usaha di tahun sebelumnya untuk mengubah perilaku Assad telah gagal, akibatnya, krisis pengungsi di Suriah terus terjadi," kata Trump. "Daerah itu terus digoncang konflik. Malam ini saya ajak semua negara bergabung mengakhiri pembantaian di Suriah."

Rudal Tomahawk yang diluncurkan dari kapal perang USS Porter mengarah ke Suriah. (REUTERS)

 

Trump mengakui dirinya kesal dengan ulah Assad. Menurut dia, Assad menyebabkan banyak penderitaan bagi rakyat Negeri Syam itu. Apalagi, sejak kubu Assad mempertahankan diri dari serangan pemberontak yang dimulai pada tahun 2011.

Assad menghalalkan segala cara untuk menumpas pemberontak. Salah satunya adalah dengan menebar gas beracun di Provinsi Idlib, Selasa lalu. Insiden itu menyebabkan 70 orang tewas. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak.

REUTERS | AP

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments