hero
Ira Koesno. (TWITTER/@irakoesno)

EDITOR : REZA ADITYA

3 April 2017, 18:20 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta kembali memilih pembawa acara televisi kondang Ira Koesno sebagai moderator pada debat pemilihan kepala daerah ibu kota putaran kedua. Adu argumen dua pasangan kandidat berlangsung pada 12 April 2017.

Ketua KPU Jakarta Sumarno mengatakan ada beberapa pertimbangan lembaganya menunjuk lagi Ira sebagai moderator. "Karena dia sudah berpengalaman," kata Sumarno, di kantornya, Senin, 3 April 2017.

Selain itu, Sumarno juga mengatakan institusinya menilai Ira bisa membawakan debat dengan khidmat. "Dalam mengelola debat tentu juga ada masukan masukan dan koreksi yang sudah kami sampaikan kepada yang bersangkutan," ujar dia.

Ira Koesno dalam debat perdana pilgub DKI Jakarta pada Januari 2017. (NET)

 

Ira sebelumnya menjadi pemandu dalam debat perdana pemilihan gubernur DKI pada Januari kemarin. Kepiawaiannya dalam mengendalikan riuh pendukung dan mengarahkan jalannya debat membuat KPU kembali kesengsem untuk merekrutnya.

Sumarno mengatakan pada debat putaran kedua ini, lembaganya sudah melakukan berbagai persiapan. Di antaranya adalah penetapan lokasi berlangsungnya acara yang tetap digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Dia juga mengatakan lembaganya saat ini sedang menyaring panelis yang akan menyusun pertanyaan untuk diajukan kepada dua pasangan calon kepala daerah ibu kota. Adapun tema debat putaran kedua ini adalah "Dari Masyarakat untuk Jakarta."

Ira Koesno. (NET.Z)

 

Sumarno mengatakan ada yang baru dalam format debat putaran kedua ini. Kedua calon wakil gubernur saling memaparkan gagasan terkait tema tertentu tanpa dibatasi waktu.

"Saling silang istilahnya debat terbuka," kata Sumarno. "Jadi kami angkat persoalan apa, nanti mereka saling bertanya tanpa harus dibatasi waktu. Silakan mereka debat secara terbuka dan moderator yang mengarahkan."

Setelah calon wakil gubernur saling adu sanggah, puncaknya adalah debat terbuka antar calon gubernur. Hal lain yang membuat berbeda dari debat sebelumnya adalah masyarakat diberikan kesempatan mengajukan pertanyaan kepada kedua pasangan calon.

Ira Koesno dalam debat pilgub perdana. (NET)

 

"Tim menyiapkan komunitas masyarakat yang akan kita hadirkan dalam forum debat untuk bertanya langsung," ujar Sumarno. "Persoalan yang diangkat oleh masyarakat itu tidak tendensius dan memojokkan salah satu pasangan calon."

Sumarno mengatakan komunitas masyarakat yang dihadirkan dan bertanya dalam debat bersifat netral dan independen. "Tidak terafiliasi dengan calon manapun," ujar dia.

DELVIANA AZARI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments