hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

30 Maret 2017, 12:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Sejumlah pengiklan besar menarik diri untuk mempromosikan produk-produknya di YouTube. Ini dilakukan setelah laporan mendalam dari The Times menemukan adanya konten-konten berbau ekstrimis bersanding dengan produk mereka di laman iklan YouTube.

Tercatat sebanyak 250 merek dagang membekukan kampanye iklan mereka dengan Google, perusahaan induk YouTube. Beberapa nama besar dari daftar perusahaan tersebut antara lain: AT&T, Verizon, Dish Network, dan PepsiCo.

Lantas, berapa banyak uang iklan yang urung diterima YouTube? Berdasarkan analisa dari Nomura Instinet, YouTube kehilangan pemasukan sebesar US$ 750 juta atau sekitar Rp 9,9 triliun. 

Grafik perolehan iklan Google dan YouTube(NETZ)

Sekilas jumlah tersebut terlihat besar, namun tabel dari Stasita menunjukan, angka tersebut adalah jumlah yang kecil bagi perusahaan sebesar Google. 

Kendati diboikot, hingga kini iklan masih menjadi pemasukan terbesar Google. Berdasarkan data dari Nomura, sebuah perusahaan konsultan asal Jepang, pemasukan Google dari iklan pada 2017 mencapai US$ 73 miliar atau sekitar Rp 972 triliun. 

Kerugian akibat pemboikotan kurang lebih hanya sepersepuluh pemasukan Google tahun 2017. Dilansir Business Insider, angka sekecil itu tidak akan menggoyahkan kedigdayaan Alphabet, perusahaan induk Google dan YouTube untuk terus melenggang di lantai bursa.

Hanya saja, kelalaian ini dianggap bisa memberikan celah bagi pesaing Google, seperti Facebook, AT&T dan Verizon untuk bernafas lebih panjang. Google dikabarkan segera merespon pemboikotan tersebut dengan memeriksa kembali kebijakan-kebijakan iklan di YouTube. Mereka berjanji akan memperketat peraturan sehingga kejadian serupa tidak berulang. 

BUSINESS INSIDER

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments