hero

EDITOR : MATHILDA RINALDI

12 Maret 2017, 16:15 WIB

INDONESIA

Kamu pasti sering menemukan produk, jasa dan tempat-tempat yang menawarkan kata detoks. Minuman detoks, makanan detoks, facial wajah detoks, diet detoks, mandi detoks dan lain-lain.

Detoks memang udah jadi gaya hidup yang ngetren di jaman milenials sekarang, tapi kamu tau ngga sih sebenernya detoks itu apa? Detoks atau detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun atau zat-zat bersifat racun dan sampah ampas dari dalam tubuh kita.

Tubuh manusia sebenarnya sudah punya organ yang secara alami rutin mengeluarkan atau membuang racun, yaitu ginjal dan hati yang lalu dikeluarkan saat kamu melakukan kegiatan buang air kecil atau buang air besar dan saat kulit kamu mengeluarkan keringat.

Tapi, gaya hidup yang kurang sehat, jarang berolahraga, makan makanan sembarangan seperti junk food, bahan kimia, dan obat-obatan bisa membuat tubuh kamu kelebihan toksin dan membuat dua organ tersebut bekerja lebih keras sehingga timbul berbagai penyakit, mulai dari timbulnya jerawat hingga penyakit ganas seperti kanker, duh.

Hal tersebut membuat banyak produk dan jasa yang sekarang menawarkan pilihan detoks untuk kamu konsumsi, mulai dari minuman jus, snack atau bahkan yang berbentuk suplemen. 

Tapi sebenarnya kegiatan membasmi racun dari dalam tubuh dan memanjakan organ bisa kamu lakukan dari kebiasaan-kebiasaan kecil setiap hari loh.

1. Perhatikan Makanan Kamu
Ya, kamu harus perhatian sama apa saja yang masuk ke sistem pencernaan, sebaiknya pilih makanan yang masih segar dan menghindari yang sudah terlalu banyak diolah, karena kandungan vitaminnya cenderung sudah berkurang serta memiliki kemungkinan mengandung zat yang tidak diperlukan tubuh kadang bersifat toksin.

Makanan organik bagus untuk proses detoksifikasi tubuh. (Shape)

2. Minum Air Putih
Mengonsumsi air putih memang terbukti menyegarkan tubuh dan membantu membuang racun dari tubuh. Sekitar 70% dari tubuh manusia adalah air, namun kadang bosan minum air putih. Bila bosan dengan rasa air putih, dengan menambahkan perasan air jeruk limun atau potongan timun yang dapat menambah kesegaran.

Memperbanyak minum air putih memperlancar sistem metabolisme tubuh. (Shape)

3. Berolahraga
Olah raga rutin seperti lari pagi bisa kamu jadikan kebiasaan menyehatkan, lumayan dong lari pagi keliling komplek rumah kamu mungkin aja kamu bisa sekalian bersosialisasi dan menambah kenalan baru. keringat yang keluar akibat berolahraga tentu ikut mengeluarkan toksin dan racun dari dalam tubuh.

Berkeringat saat olahraga membantu proses detoksifikasi. (Shape)

4. Diet sehat
Mengurangi konsumsi makanan secara sehat dapat memicu tubuh kamu untuk mengeluarkan racun racun dari dalam tubuh loh, tapi harus juga disertai dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan kalsium, jangan sampai kamu jadi kalap dan malah mengonsumsi gula berlebih saat jadwal makan setelah diet.

Teh salah satu minuman yang bagus untuk melakukan diet. (Shape)

Tips tips tersebut bisa dijadikan kebiasaan sehari hari yang dapat membantu mengurangi racun dalam tubuh, menghindari tubuh dari penyakit, menyegarkan tubuh dan siap menghadapi kegiatan sehari-hari, selamat mencoba!

WOMEN'S RUNNING | SHAPE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments