hero
Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

10 Maret 2017, 19:00 WIB

KOREA UTARA

Pemerintah Korea Utara merespons pemakzulan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye. Dalam sebuah pernyataan yang dikutip Korean Central News Agency (KCNA), pemerintah Negeri Juche itu mengulas pemakzulan Park akibat skandal korupsi.

"Presiden Park masih memiliki satu tahun lagi menjabat, tapi sekarang dia sudah digulingkan," demikian pernyataan pemerintah Korea Utara, Jumat, 10 Maret 2017. "Tapi sepertinya setelah ini dia akan disidik sebagai penjahat biasa."

Pemerintah Korea Utara menganggap skandal korupsi yang melibatkan petinggi negara merupakan kejahatan luar biasa. Namun mereka pesimistis bahwa korupsi yang melibatkan Park akan diusut tuntas oleh aparat penegak hukum Korea Selatan.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye yang dimakzulkan oleh Mahkamah Konstitusi. (REUTERS)

 

Pernyataan pemerintah Korea Utara ini muncul di KCNA selang beberapa jam setelah majelis hakim Mahkamah Konstitusi Korea Selatan memutuskan menggulingkan Park.  Reuters mencatat takrif negara terisolir itu lebih cepat dari biasanya.

Biasanya, pemerintah Korea Utara akan mengeluarkan pernyataan sensitif mengenai Korea Selatan sehari setelah peristiwa berlangsung. Namun kali ini, mereka mempublikasikan maklumatnya bersamaan dengan insiden pemakzulan.

Mahkamah Konsitusi Korea Selatan pada Jumat ini mengetuk palu pengesahan pemakzulan Presiden Park Geun-hye. Majelis menilai Park terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

Pascaputusan Mahkamah, situasi di Seoul memanas. Ribuan massa pendukung Park turun ke jalan. Mereka tidak puas dan kecewa atas putusan enam dari delapan hakim konstitusi yang setuju presiden ke-11 Korea Selatan dilengeserkan.

Sebaliknya, massa yang senang atas pemakzulan Park juga turun ke jalan. Mereka merayakan kemenangan. 

REUTERS | KCNA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments