hero
Marzuki dan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono di Rakornas Demokrat 2011. (MARZUKIALIE)

EDITOR : TITO SIANIPAR

9 Maret 2017, 20:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kasus korupsi e-KTP atau KTP elektronik menyeret sejumlah nama elit politik, termasuk partai politik sebagai penerima uang. Ada usulan membubarkan partai jika benar menerima uang dari anggaran proyek negara.

"Saya ingin tidak ada partai politik yang bermain-main dengan proyek. Kalau Partai Demokrat terbukti memainkan uang hasil korupsi, bubarkan saja partainya," kata eks Sekjen Partai Demokrat Marzuki Alie, Kamis, 9 Maret 2017.

Sidang perdana kasus korupsi e-KTP mendudukkan dua pejabat Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto sebagai terdakwa.

Dalam dakwaan yang dibacakan jaksa, terungkap sejumlah politikus penerima suap pengadaan e-KTP, termasuk Marzuki sebesar Rp 20 miliar. Selain itu, partai-partai juga turut menerima uang, termasuk Partai Demokrat Rp 150 miliar.

Marzuki Alie berbicara ke wartawan. (NET/Haritz)

Marzuki membantah menerima uang Rp 20 miliar tersebut. "Saya pastikan tidak benar. Ia berencana melapor ke Bareskrim Mabes Polri soal pencatutan namanya. "Besok saya lapor," ujarnya.

Soal dana ke Partai Demokrat, Marzuki mengaku tidak tahu menahu. Sebagai sekjen, kata Marzuki, ia ketika itu tidak aktif di partai. "Karena Anas Urbaningrum ketum dan saya berseberangan. Otomatis saya tidak tahu," ujarnya.

Jika benar partai menerima uang itu, lanjut Marzuki, selayaknya partai tersebut dibubarkan. Mantan Ketua DPR itu juga meminta publik tidak menghakimi berdasarkan pemberitaan.

Marzuki dan Anas Urbaningrum. (MARZUKIALIE)

Selain Demokrat, beberapa nama partai juga disebut dalam dakwaan menerima uang sunatan anggaran e-KTP. Antara lain Partai Golkar Rp 150 miliar, PDI Perjuangan dan partai lainnya masing-masing Rp 80 miliar.

AVILA RIA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments