hero
Nenek Rokayah. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

5 Maret 2017, 13:05 WIB

JAWA TIMUR, INDONESIA

Gambar dan video seorang nenek yang memakan rumput heboh di media sosial. Nenek itu bernama Rokayah, warga Dusun Krajan, Desa Gambirono, Jember, Jawa Timur.

Perempuan berusia 87 tahun itu hidup seorang diri di sebuah rumah sederhana yang dibangun di atas tanah milik perusahaan perkebunan. Untuk hidup sehari-hari, Rokayah dibantu oleh para tetangganya.

Jika pasokan makanan dari tetangganya habis, Rokayah pergi ke kebon kosong di belakang rumahnya dan mencari tanaman rumput untuk dimakan. 

 

Kisah Rokayah diangkat oleh sejumlah media cetak dan elektronik. Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Timur langsung merespons kisah hidup Rokayah. Nenek itu dipindah ke Panti Sosial Trisno Wreda Jember.

"Kami memindahkan mbah Rokayah untuk mengubah perilaku lanjut usia sesuai kebutuhannya," kata Petugas Panti Pelayanan Sosial Enang Haryono, Sabtu, 4 Maret 2017. "Kami terus memberikan pelayanan."

Enang mengatakan sebenarnya apa yang dimakan Rokayah bukanlah rumput, melainkan sejenis tanaman lalapan. Sebelum memakan tanaman itu, Rokayah juga memasaknya terlebih dahulu.

Nenek Rokayah tinggal seorang diri. Anak dan keluarganya tidak tahu berada di mana. (NET)

 

Kepada NET, Rokayah mengaku terpaksa memakan tanaman lalapan yang berada di kebon kosong. "Karena tidak punya belanja, ditambah saya tidak mau ikan, jadi setiap hari makan lalapan itu."

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama aparat TNI dan Polri kini bekerja sama membangun rumah Rokayah agar layak untuk dihuni kembali. Mereka juga akan memberikan bantuan kelayakan pangan untuk sang nenek.

MAHFUDZ SUNARJIE

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments