hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

3 Maret 2017, 11:01 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kabar gembira kamu yang doyan makan keju! Ternyata olahan susu ini bisa bikin kamu panjang umur lho!

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Medicine, keju matang mengandung bahan kimia khusus yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung secara signifikan, memperlambat proses penuaan, dan meningkatkan harapan hidup. Wow!

Sajian keju, daging asap dan buah zaitun di atas papan. (GARLIC MY SOUL)

Para ilmuwan awalnya melakukan percobaan pada tikus laboratorium dan menemukan bahwa hewan pengerat yang rutin mengonsumsi keju bisa bertahan hidup lebih lama dibanding yang tidak makan keju.

Kemudian penelitian dilanjutkan terhadap 800 orang di Italia, dan hasilnya mereka yang rutin makan keju kecil kemungkinan mengalami hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Kerentanan mereka terhadap gagal jantung juga lebih rendah 40%  dibandingkan dengan mereka yang tidak suka keju.

Keju Raclette dikeruk dan dituang ke atas steak. (BRIGHTSIDE)

Para peneliti percaya bahwa poliamina, bahan kimia yang terkandung dalam keju dapat membantu sel-sel tubuh dalam membuang racun dan merusak bagian dari diri mereka sendiri. Tentunya ini memberikan keuntungan pada tubuh dan bahkan dapat membantu membuat kita awet muda.

Namun perlu diingat guys, bahwa keju mengandung banyak kalori dan dapat berbahaya bagi sebagian orang. Jadi, meskipun kamu rutin memakan keju, tetap perhatikan kadarnya ya. Jangan berlebihan.

Cheese cake. (PIXABAY)

Jangan sedih, bagi kamu yang tidak suka keju bukan berarti tidak bisa bertahan hidup lebih lama lho.

Poliamina yang terkandung dalam keju matang juga dapat ditemukan dalam berbagai produk makanan lainnya, seperti kacang hijau, jagung manis, kacang kedelai, dan gandum. Hanya saja, keju memang yang paling lezat dibandingkan alternatif makanan lain.

 

BRIGHT SIDE

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments