hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

2 Maret 2017, 16:50 WIB

INDONESIA

Pria bebadan tegap dan berkepala plontos mengawali rombongan Raja Arab keluar dari pesawat berbadan besar yang baru saja tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa, 28 Februari 2016. 

Hingga hari ketiga kunjungan Raja Arab di Indonesia, pria bersorot mata tajam itu tidak pernah sedetik pun absen dari sisi Raja Salman bin Abdulaziz al Saud. 

Al-Faghm memegangi tongkat Raja Arab pada acara menanam pohon bersama Presiden Joko Widodo. (NET)

Dia adalah Brigadir Jenderal Abdul Aziz Al-Faghm, pengawal pribadi Raja Salman. Sebelumnya, Al-Faghm merupakan pengawal pribadi mendiang Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud, raja ke-6 Arab Saudi sekaligus kakak tiri Raja Salman. Al-Faghm telah bertugas mengawal Raja Abdullah selama 10 tahun. 

Dikutip dari Arab News, Brigjen Al-Faghm merupakan alumni King Khaled Military College yang lulus pada tahun 1991. Sebelum ditempatkan di satuan khusus pengamanan raja, Al-Faghm pernah bertugas di satuan Brigade Khusus. 

Foto Al-Faghm saat masih berpangkat kolonel. Dengan setia ia menemani jenazah Raja Abdullah menuju peristirahatan terakhir. (ARAB NEWS)

Sebagai pelindung terakhir Raja Salman, Brigjen Al-Faghm dibekali sejumlah ketrampilan militer khusus. Ia memegang 9 sertifikasi ketrampilan perang. Tujuh sertifikasi diperoleh dari Angkatan Bersenjata Arab Saudi, sementara sisanya didapat dari Angkatan Darat Amerika Serikat: US Army.

Skil yang ia kuasai antara lain: artileri, antiteror, dan pengoperasian pesawat tempur. Ia bahkan memiliki kemampuan khusus menangkis peluru yang ditembakkan ke badan Raja Arab. 

Al-Faghm mengawal Raja Salman berjalan di Istana Merdeka Jakarta. (NET)

Saking banyaknya ketrampilan yang dimiliki Al-Faghm, Thomas Wictor, penulis buku militer asal Venezuela menyejajarkannya dengan Jenderal Peter Schoomaker, mantan Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat. Schoomaker diketahui memiliki 5 sertifikasi ketrampilan khusus militer. Lebih sedikit daripada yang dipegang Al-Faghm. 

ARAB NEWS 

45

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments