hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

27 Februari 2017, 16:10 WIB

AMERIKA SERIKAT

Film 'The Salesman' karya sutradara Iran, Asghar Farhadi berhasil meraih Piala Oscar dalam Academy Awards ke-89. 'The Salesman' keluar sebagai pemenang untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Namun sang sutradara, Asghar Farhadi, tidak datang di ajang penghargaan tersebut. Asghar memboikot Academy Awards tahun ini karena kebijakan imigrasi yang sempat dikeluarkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Anousheh Ansari saat membacakan pesan dari sutradara Iran, Asghar Farhadi di panggung Academy Awards ke-89. (ABC)

Meski tidak hadir, Asghar Farhadi menitipkan pesan kepada Anousheh Ansari yang mewakilinya di panggung Academy Awards. Anousheh lantas membacakan pesan dari sang sutradara tersebut kepada khalayak di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat.

"Maaf saya tidak bisa bersama dengan kalian malam ini. Ketidakhadiran ini merupakan bentuk penghormatan kepada orang-orang di negara saya, juga mereka yang berada di 6 negara lainnya yang tidak dihargai oleh kebijakan yang melarang imigran memasuki Amerika Serikat," ujar Anousheh Ansari saat membacakan pesan dari Asghar Farhadi.

Asghar Farhadi saat menerima penghargaan Piala Oscar tahun 2012. (THE SUN)

'The Salesman' berhasil mengalahkan beberapa film lain dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di Piala Oscar 2017. Di antaranya, 'Land of Mine' karya sutradara Denmark, Martin Pieter Zandvliet, 'A Man Called Ove' karya sutradara Swedia, Hannes Holm, 'Tanna' karya sutradara Australia, Bentley Dean dan Martin Butler, juga film 'Toni Erdmann' karya sutradara Jerman, Maren Ade.

Sebelum memenangkan Piala Oscar, 'The Salesman' pernah meraih beberapa penghargaan lainnya. Dua penghargaan diperoleh di Cannes Film Festival untuk kategori Best Actor dan Best Screenplay. Film ini juga pernah meraih penghargaan di Chicago International Film Festival.

Film 'The Salesman' karya sutradara Iran, Asghar Farhadi. (BUZZFEED)

'The Salesman' bercerita tentang perjalanan sepasang kekasih, Emad dan Rana. Hubungan cinta mereka mendapat cobaan ketika keduanya memutuskan pindah ke sebuah rumah. Tempat tinggal mereka itu sebelumnya ditempati seorang perempuan yang ternyata berprofesi sebagai seorang tunasusila.

Penghargaan bagi insan perfilman dunia, Academy Awards ke-89 berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu malam waktu setempat atau Senin pagi, 27 Februari 2017 Waktu Indonesia Bagian Barat. Acara yang dipandu oleh Jimmy Kimmel ini disiarkan langsung oleh stasiun televisi ABC.

THE HOLLYWOOD REPORTER | ABC | THE SUN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments