hero
Raja Salman di Malaysia, 26 Februari 2017. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

27 Februari 2017, 15:00 WIB

INDONESIA

Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Indonesia membawa sejumlah misi. Selain Indonesia, Raja Salman juga ke beberapa negara Asia lainnya Malaysia, Jepang dan Cina.

Salah satu misi yang dibawa dalam tur selama kurang lebih sebulan keliling Asia itu adalah mencari investor baru buat BUMN Arab bidang minyak Aramco. Rencananya saham Aramco akan dilepas ke publik mulai tahun depan.

Selain bertujuan meraup dollar, rombongan Raja Arab juga membawa misi menanam investasi di Indonesia. "Ada minat investasi yang tinggi dari Arab Saudi ke beberapa sektor," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Senin, 27 Februari 2017.

Beberapa sektor itu adalah infrastruktur, energi, perumahan, jalan tol, air bersih dan pengolahan limbah. Diperkirakan total investasi yang dibawa Arab ke Indonesia mencapai US$ 25 miliar atau sekitar Rp 323 triliun.

Presiden Joko Widodo dan Raja Salman, 2015. (ALARABIYA)

"Rencananya ada beberapa MoU (nota kesepahaman) yang akan ditandatangani. Di sini ada koordinasi dengan beberapa kementerian terkait," kata Arrmanatha. 

Selama ini, kerja sama Indonesia dengan Arab terutamanya adalah soal ketenagakerjaan dan penyelenggaraan haji. Menurut Arrmanatha, hal itu juga akan ditingkatkan.

Antara lain, "Peningkatan frekuensi penerbangan, kesehatan, dan kerja sama (pemberantasan) tindakan kriminal," kata dia. Pemerintah Indonesia berharap Arab mau meningkatkan kuota haji Indonesia.

Prosesi haji di Mekah. (REUTERS)

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan akan ada sedikitnya lima MoU dengan Kementerian Agama. "Terkait bagaimana kerja sama lebih baik lagi menyangkut perhajian dan umroh," kata Lukman Hakim.

Raja Salman akan berkunjung ke Indonesia mulai 1 Maret 2017 hingga 9 Maret 2017. Sebelum Indonesia, Raja Salman terlebih dahulu ke Malaysia. Dan sesudah Indonesia, Raja Salman direncanakan ke Jepang dan Cina.

Rencananya Raja Salman akan berada di Jakarta dari 1 Maret 2017 hingga 3 Maret 2017. Selanjutnya Raja Salman bersama rombongan lebih dari 1.000 orang akan liburan di Bali sejak 4 Maret 2017 hingga 9 Maret 2017.

Menteri Agama Lukman Hakim. (NET)

Turut juga dalam rombongan Raja Salman antara lain 25 orang pangeran kerajaan dan 10 orang menteri Arab. Mereka menggunakan tujuh pesawat dalam tur keliling Asia-nya ini.

SYARIFAH RAHMA | WIBISONO NOTODIRDJO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments