hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

18 Februari 2017, 11:10 WIB

INDONESIA

Potongan es sebesar dua kali luas Kota Yogyakarta, terlepas dari gletser Antartika dan hancur berkeping-keping di lautan. Berdasarkan Satelit NASA, potongan gunung es ini berasal dari Pine Island Glacier.

Gambar di bawah ini menunjukan bagaimana gunungan es tersebut hancur, terbagi menjadi bagian-bagian kecil, dan meleleh berkeping-keping. Menurut NASA, gambar tersebut menunjukan betapa rapuhnya kondisi es di Antartika.

Gletser yang hancur hanyut terbawa arus laut. (THE SUN)

Pin Island Bay berlokasi di Antartika bagian barat. Lokasi ini seolah menjadi tempat berkumpulnya potongan es yang hancur memisahkan diri dari Antartika. Di sini, sebanyak 19 mil kubik es terpisah dari daratan dan melumer di lautan setiap tahunnya.

Ilmuwan mengkhawatirkan proses yang berlangsung cepat dan terus menerus itu bisa mengakibatkan kenaikan permukaan laut di seluruh dunia. Ian Howat, seorang glasiologi dari Ohio State University mengatakan peristiwa ini hanyalah satu dari sekian banyak yang terjadi di Antartika.

Foto satelit NASA diambil pada tanggal 24 Januari 2017. (THE SUN)
Foto satelit NASA diambil pada tanggal 26 Januari 2017. (THE SUN)

Pada bulan Juli 2015, sebuah potongan es berukuran sepuluh kali lebih besar daripada potongan ini melebur di Pine Island. Potongan itu kemudian hancur berkeping-keping dan terpencar ke perairan seluas 225 mil persegi. 

"Saya rasa kejadian ini merupakan potongan lanjutan. Potongan lebih besar telah terjadi di kejadian sebelumnya," kata Howat kepada The Sun, Jumat, 17 Februari 2017.

THE SUN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments