hero
Orangutan di penangkaran. (NET/Topan)

EDITOR : TITO SIANIPAR

17 Februari 2017, 12:05 WIB

KALIMANTAN TENGAH, INDONESIA

Kepolisian Resor Kapuas Kalimantan Tengah menetapkan tiga dari sepuluh orang yang ditangkap terkait pembunuhan orangutan. Mereka adalah pekerja perusahaan sawit asal Malaysia.

"Penyidik sudah menetapkan tiga pelaku menjadi tersangka. Mereka yang membunuh orangutan," kata Kepala Polres Kapuas Ajun Komisaris Besar Jukiman Situmorang, Kamis, 16 Februari 2017 malam.

Para tersangka itu adalah AY, EMS, dan RG. Perannya masing-masing adalah AY yang menembak dan menggorok leher orangutan, sementara EMS dan RG adalah orang yang membawa jasad orangutan ke mess karyawan unutuk disantap.

Para tersangka pembunuh orangutan. (NET/Topan)

Dari hasil penyelidikan diketahui para pelaku adalah karyawan perusahaan sawit PT Susantri Permai, yang dikelola oleh grup bisnis asal Malaysia. Mereka dicokok polisi dari lokasi mereka pada Rabu, 15 Februari 2017.

Pembantaian orangutan menjadi viral pasca foto-foto pembunuhan dan proses memasaknya viral di internet. Dalam imaji itu tergambar bagaimana para pelaku membunuh hingga memasak dan memakan daging orangutan.

Salah satu foto yang viral beredar. (NET)

Polisi lalu mulai menyelidiki dan menelusuri dari foto tersebut. Hasilnya ditangkaplah sepuluh orang, mulai dari pembunuh hingga pengkonsumsi daging orang utan. Bersama mereka polisi menyita sejumlah barang bukti. 

Antara lain sepucuk senapan angin, dua bilah parang, lima ruas tulang orangutan, 448 potong daging orangutan, dua panci alat pemasak daging, dan beberapa barang bukti lainnya.

Pelaku mengolah daging orangutan. (NET)

Sayangnya Jukiman tidak menjelaskan apa yang akan dilakukan terhadap tujuh pelaku lain yang ditangkap. Termasuk soal pertanggungjawaban koorporasi yang menghabisi hutan habitat asli orangutan untuk jadi kebun sawit.

TOPAN SETIAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments