hero

EDITOR : OCTOBRYAN

15 Februari 2017, 12:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Tempat Pemilihan Suara 4 Kelurahan Gambir menjadi lokasi Presiden Joko Widodo menggunakan hak pilih pada Pilkada DKI Jakarta. Beberapa dekorasi unik tampak di TPS ini.

Ornamen Betawi menjadi pilihan dekorasi yang disiapkan panitia di TPS yang berlokasi di Jalan Tanah Abang Timur, Jakarta Pusat ini. Nuansa merah putih di tenda berukuran 8x12 meter juga menghiasi lokasi tersebut.

Presiden Joko Widodo gunakan hak pilihnya di TPS 4 Gambir Jakarta Pusat. (NET/Yusuf)

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi yang tiba pukul 10.00 harus menunggu tiga menit sebelum petugas memanggil namanya untuk menggunakan hak pilih.

Usai mencoblos, Jokowi berpesan agar pilkada serentak yang digelar di 101 daerah dapat berjalan damai dan aman.

Presiden Jokowi usai menggunakan hak pilih di TPS 4 Gambir Jakarta Pusat. (NET/Yusuf)

"Kami sebagai warga Jakarta gunakan hak pilih untuk pemilihan gubernur DKI Jakarta. Tidak hanya di Jakarta, kami harap daerah lainnya juga tertib," ujarnya, Rabu, 15 Februari 2017.

Pemilihan kepala daerah merupakan pesta demokrasi bagi masyarakat Indonesia, Jokowi berharap agar perbedaan pandangan politik jangan sampai menjadi pemicu pecahnya persatuan bangsa.

"Kita harus jaga agar pilkada berjalan lancar, jangan sampai perbedaan politik menjadi pemecah persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa," tambahnya.

Presiden Joko Widodo berpesan agar proses pilkada berjalan damai. (NET/Yusuf)

Tidak mau kalah dengan Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Politisi asal Sulawesi Selatan ini menggunakan hak pilihnya di TPS 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pencoblosan yang dilakukan bersama sang istri Mufidah Jusuf Kalla ini tampak istimewa, karena disaat bersamaan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan, Ketua Bawaslu RI Muhammad, Ketua KPU Juri Ardiantoro, dan Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo memantau jalannya proses pemilihan suara di lokasi tersebut.

Presiden Jusuf Kalla (kanan) dan istri usai gunakan hak pilih di TPS 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (ANTARA)

Usai pencoblosan, Kalla berpesan agar siapapun pemenang pilkada DKI Jakarta dapat memimpin Ibu kota dengan adil.

"Siapapun yang menang harus memimpin Jakarta dengan adil dan bijaksana," tutur Kalla.

Kalla meyakini para pendukung calon gubernur juga dapat menerima apapun hasil pilkada kali ini. Menurutnya, warga Jakarta mempunyai pikiran terbuka dalam berdemokrasi seperti pilkada sebelumnya.

Peta pilkada serentak 2017. (NET)

"Orang Jakarta terbuka kok, sebelumnya kan begitu juga, tidak ada apa-apa," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum menetapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada 15 Februari 2017. Pilkada diikuti 101 daerah dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Pilkada serentak 2017 ini diikuti oleh 247 Paslon. Jumlah tersebut dengan rincian dengan 337 Paslon dari partai politik dan 90 calon perseorangan.  

YUSUF REZA | INDRIA LITA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments