hero
Sebuah masjid yang pernah dibakar Schreiber pada September 2016. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

8 Februari 2017, 18:45 WIB

AMERIKA SERIKAT

Pengadilan St Lucie County Florida menjatuhkan vonis kepada Josep Michael Schreiber, pembakar masjid di Islamic Center di Fort Piece, 30 tahun penjara. Schreiber terbukti melakukan tindakan kriminal dan meresahkan warga.

"Schreiber menimbulkan kerugian senilai US$ 100 ribu lantaran membakar sebuah masjid di Islamic Center Fort Pierce," bunyi putusan majelis hakim, seperti dilansir Reuters, Selasa, 7 Februari 2017 waktu setempat.

Majelis hakim dalam amar putusannya menganggap pria berusia 32 tahun itu juga menebarkan seruan kebencian terhadap golongan agama tertentu dan mengganggu jalannya demokrasi di Amerika Serikat.

Putusan diketuk pada Senin, 6 Februari 2017. Usai vonis itu, Schreiber dan kuasa hukumnya belum memberikan pernyataan kepada awak media.

Joseph Michael Schreiber, terpidana kasus pembakaran masjid di Florida. (REUTERS)

 

Schreiber membakar masjid di Islamic Center pada 11 September 2016. Aksi brutal yang dilakukannya bertepatan dengan momentum 15 tahun serangan teroris 11 September 2001.

Dia membakar masjid itu dengan sebotol cairan bensin dan beberapa lembar kertas. Masjid itu dibakar saat umat Islam sedang merayakan hari Idul Adha.

Beruntung tidak ada korban tewas dan luka dalam insiden itu. Namun kubah masjid besar itu menyisakan lubang yang sangat besar akibat dilalap api.

Jaksa Steve Gosnell sebelumnya menuntut Schreiber 30 tahun penjara. Gosnell menganggap pria Yahudi itu pernah mengungkapkan di akun media sosialnya bahwa penganut Islam adalah radikal.

Dia juga cemas bahwa Islam mulai menyusupi pemerintahan AS dan mengancam stabilitas keamanan dunia. Kecemasannya itu diluapkan dengan membakar masjid.

Langgar di Islamic Center itu tercatat sering menjadi sasaran kebencian. Penyebabnya, masjid itu dahulu kala sering menjadi tempat singgah Omar Marteen, pelaku penembakan klub malam Pulse, di Orlando.

REUTERS | NYT

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments