hero
(Marie Claire)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Februari 2017, 08:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Sarapan di pagi hari merupakan hal penting sebelum memulai hari. Namun kadang di antara kita menganggap enteng sarapan dan cenderung melakukan kesalahan. Apa sajan kesalahan yang tidak kita sadari tersebut? berikut penjelasan singkatnya:

Kesalahan pertama menggoreng telur dengan pan

(Marie Claire)

Telur adalah sumber makanan yang kaya akan gizi dan protein. Untuk itu telur disarankan masuk menu makanan saat sarapan pagi. Namun untuk memasak telur harus diperhatikan. Menggoreng telur dengan minyak di dalam pan tidak dianjurkan.

Cara memasak telur yang disarankan adalah dengan memasukkan telur ke dalam cangkir kemudian dimasak di microwave. Kamu akan mendapatkan telur lembut tanpa minyak goreng yang berminyak.

Membuka sereal baru dari bagian atas tas

(Marie Claire)

Membuka bungkus sereal baru di dalam kotaknya tidak disarankan dari bagian atas. Karena itu bisa membuat serela mengendap. Cara yang dianjurkan adalah membalik bungkus atau kotak sebelum membukanya.

Hal itu dilakukan agar potongan sereal menyebar. Setelah dibalik, buka bungkus sereal. Cara ini juga menjadikan sereal yang kamu buat tidak hanay berisi remah-remah sereal karena sudah tercampur dengan bagian bawah. 

Minum kopi dan yoghurt

(Marie Claire)

Bagi penikmat kopi, minum kopi di pagi hari dinilai waktu yang tepat. Kopi dipercaya bisa meningkatkan semangat dan stamina. Namun ternyata minum kopi di pagi hari sebuah kesalahan dan memberi efek negatif untuk tubuh.

Pagi hari disebut waktu terburuk untuk mendapatkan manfaat pagi karena kadar kolesterol seseorang dalam jumlah tinggi di pagi hari. Hal yang tidak baik juga dilakukan saat meminum kopi kombinasikan dengan makan yogurt. Cara yang kemudian disarankan yaitu dengan mencampurkan kopi, yogurt, es dan gula.

Memasak oatmeal

(Marie Claire)

Memasak oatmeal dinilai cara yang salah. Meski oatmeal instan juga terkadang disarankan dimasak. Sebaliknya, membuat oatmeal dalam versi tidak dimasak yanng terbebas dari bahan asing tersedia dalam paket oartmeal rasa.

Cobalah menggabungkan oatmeal dan susu, tambahkan sirup serta beberapa buah kering. Bisa ditaburi dengan bubuk kayu manis untuk mendapatkan rasa yang berbeda lalu masukkan ke dalam toples. Kemudian tutup toples dan masukkan ke dalam lemari es.

Diamkan satu malam. Kamu akan mendapatkan oatmeal lembut dengan rasa yang enak dan dingin. Menu ini bisa digunakan untuk sarapan pagi.

Menuangkan sereal langsung dari kotak

(Marie Claire)

Menuangkan sereal langsung dari kotaknya ke mangkuk sarapan adalah cara yang salah. Sereal bisa berhamburan keluar dari bungkusnya dan melebihi porsi kamu. Cara yang disarankan adalah dengan menyendok sereal dari dalam bungkus dengan sendok. Dengan begitu, posi makanan kamu tetap terjaga.

Tuangkan sereal sebelum susu

(Marie Claire)

Menuangkan sereal terlebih dahulu untuk kemudian disiram dengan susu dinilai salah. Sebab itu membuat kamu kesulitan untuk melihat seberapa banyak susu yang dituangkan.

Menuangkan susu terlebih dahulu untuk kemudian disusul dengan sereal dinilai lebih baik. Jangan lupa gunakan sendok untuk mengambil sereal agar takaran sereal tidak berlebihan.

Makan sereal dalam mangkok

(Marie Claire)

Cara yang disarankan menggunakan sendok untuk mengambil sereal agar tidak berlebihan ternyata juga harus diimbangi dengan wadah makan. Jangan gunakan mangkok untuk wadah sereal. Sebab memungkinkan melebihi porsi makan kamu. Menggunakan cangkir teh kecil sebagai wadah sereal menjadi cara yang bijak untuk tetap menjaga porsi makan. 

Memasak telur setiap hari

(Marie Claire)

Cara memasak telur yang sederhana untuk sarapan pagi, disarankan agar tidak dilakukan di penggorengan. Cara praktis yaitu dengan memecahkan beberapa telur dan tuangkan ke dalam mangkuk besar. Kocok dengan garpu dan tuangkan secara merata ke dalam pan muffin yang telah diberi minyak.

Panggang adonan telur di suhu 350 derajat sekitar 20 menit. Setelah matang tutup dalam aluminium foil dan simpan di dalam lemari es. Kamu bisa memanaskannya di pagi hari.

Makan yoghurt dengan sendok

(Marie Claire)

Memakan yogurt dengan sendok saat sarapan pagi dinilai salah. Kamu bisa mengganti sendok dengan yogurt yang telah dibentuk dalam wadah seperti gelas air mineral dan di bagian atasnya terdapat stik es krim. Dengan cara itu, kamu bisa memakan yogurt dengan satu tangan. Atau bila yogurt kamu di bagian atasnya terdappat foil sebagai penutup, kamu bisa menggunakan tutup foil sebagai sendok yoghurt.

Masak pancake di atas kompor

(Marie Claire)

Memasak pancake di atas kompor dinilai sebagai hal yang ceroboh. Kecuali jika kamu memasak untuk jumlah besar. Dan cara itu dilakukan minim kesalahan. Untuk satu porsi pancake, kamu tidak perlu repot dan mengotori tanganmu.

Caranya, ambil cangkir atau ramekin. Gunakan garpu untuk mengocok 1/4 bangkir biskuit dan 1/8 cangkir susu. Masukkan adonan ke dalam microwave selama sekitar 1 menit. Setelah itu nikmatilah pancake fluggiest.

Roti dengan selai

(Marie Claire)

Jika kamu sarapan pagi dengan menu roti dan selai, maka kamu akan mendapatkan 100 persen karbohidrat. Cobahal beralih untuk memberi roti kamu dengan selai kacang, krim keju atau bahkan daging.

Sedikit berat, namun percayalah itu tidak akan membunuh. variasi di atas roti untuk menambahkan protein. Nutrisi proteiin itu menjaga kamu di pagi hari, mencegah kelaparan di pertengahan pagi.

Makan yoghurt rasa buah 

(Marie Claire)

Memakan yogurt di pagi hari memang disarankan. Namun yogurt dengan rasa buah tidak dianjurkan. Sebab rasa buah itu menjadikan yogurt ditambah dengan gula dan sejumlah perasa. Jika kamu menginginkan yogurt sehat di pagi hari, coba makan yogurt dengan rasa asli. Yogurt ini memiliki lebih banyak protein dan sedikit gula

Glassman menyarankan menambahkan tiga bahan yaitu sedikit buah kismis, buah beku atau apel potong dadu. Untuk serat dan manis gunakan almond, selai kacang, atau granola. Untuk memuaskan kamu, coba beberapa jenis rempah-rempah seperti kayu manis, pala, jahe, atau cocoa powder sebagai perasa.

Memotong pisang untuk diletakkan di atas selai kacang panggang

(Marie Claire)

Memotong pisang dalam jumlah banyak untuk diletakkan di atas selai kacang dan roti panggang tidak disarankan. Cara yang lebih baik adalah dengan meletakkan satu buah pisang utuh di tengah selai kacang. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan rasio pisang, selai dan roti yang sempurna di setiap gigitan.

Hindari jus

(Marie Claire)

Glassman mengatakan, tubuh membutuhkan cairan setelah rehidrasi di malam hari. Tidak disarankan meminum jus karena mengandung gula. Lebih disarankan agar meminum air putih di pagi hari.

Menambahkan es untuk smoothie kamu 

(Marie Claire)

Menambahkan es batu untuk smoothies hanya menciptakan jumlah lebih banyak. Selain itu, es batu hanya membuat buah shake berair. Cobalah untuk memggunakan buah beku dan hanya beberapa es batu agar rasa tetap segar.

MARIE CLAIRE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments