hero
Mako Brimob, tempat Firza Husein ditahan. (NET/Nugo)

EDITOR : TITO SIANIPAR

1 Februari 2017, 17:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Polisi memeriksa tersangka makar Firza Husein. Pemeriksaan polisi pertama ini juga menyinggung atau menyentuh percakapan lewat aplikasi whats app Firza yang menyebar luas di internet.

"Tadi memberikan keterangan sekitar satu jam. Ada kurang dari 20 pertanyaan. Hanya terkait masalah makar saja," kata Aziz Yanuar, kuasa hukum Firza di Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, Rabu, 1 Februari 2017.

Firza dijadikan tersangka makar bersama beberapa tokoh lainnya terkait aksi 212 pada 2 Desember 2016 silam. Mereka antara lain Sri Bintang Pamungkas, Rachmawati Soekarnoputri, Ratna Sarumpaet, dan lainnya.

Sejauh ini Firza diduga mengetahui dan terlibat dalam penyaluran dana terkait aksi yang dituding mengarah ke makar tersebut. "Untuk detil penyandang dananya, belum," kata Aziz.

Firza Husein. (ISTIMEWA)

Firza ditahan di Mako Brimob sejak Selasa, 31 Januari 2017. Alasan polisi menahan adalah karena Firza dinilai tidak kooperatif memenuhi panggilan pemeriksaan. Dari delapan tersangka makar, hanya Firza dan Sri Bintang yang ditahan polisi.

Selain soal pendanaan, polisi juga menanyakan soal keterkaitan Firza dengan para tokoh yang terlibat aksi 212. "Termasuk kaitan dengan Bu Rachmawati dan pihak-pihak lain yang ditangkap," ujar Aziz.

Bahkan soal perkembangan terbaru menyebarnya percakapan whats app Firza dengan pria yang diduga Rizieq Syihab juga ditanyakan polisi. "Pertanyaan tentang chat itu, mungkin ada dua atau tiga (pertanyaan)," kata Aziz.

Aziz Yanuar, kuasa hukum Firza. (NET/Nugo)

Firza, lanjut Aziz, membantah adanya hubungan khusus dengan Rizieq seperti yang tergambar dalam percakapan. "Enggak ada (hubungan khusus). Cuma jamaah biasa saja," kata Aziz.

Selain memeriksa Firza, polisi juga menggeledah kediamannya di Lubang Buaya, Jakarta Timur pagi tadi. Beberapa barang Firza yang dibawa penyidik antara lain seprai, bantal, guling, dan televisi.

DESYTA PURI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments