hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

26 Januari 2017, 18:28 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kalau kamu suka travelling, pasti tahu dong pentingnya jadi turis yang baik dan tahu sopan santun. Terutama saat berada di negara lain yang berbeda budaya, agama, dan kebiasaan.

Dengan menjadi turis yang baik, akan memudahkan kamu dalam berinteraksi dengan penduduk setempat. Tetapi yang paling penting, kamu akan selalu aman di manapun berada.

So, berikut enam aturan yang harus kamu ketahui saat travelling

1. Menghargai Budaya

Dua turis berfoto dengan warga Papua. (NET.Z)

Kamu harus menghargai budaya, adat istiadat atau kebiasaan penduduk setempat. Mulai dari mode berpakaian, kebiasaan makan, dan kebiasaan lainnya.

Contoh sederhana, kamu tidak bisa seenaknya berpakaian terbuka jika penduduk lokal di negara yang kamu kunjungi berpakaian sopan dan tertutup.

2. Mempersiapkan Segala Sesuatunya

Dompet berisi uang tunai, kartu kredit dan ATM. 


Sebelum mengunjungi suatu negara, kamu harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya. Tidak hanya soal pakaian dan makanan saja, tetapi juga mental dan uang.

Kamu tidak bisa mengandalkan kartu kredit atau ATM karena belum tentu ada mesin ATM atau mesin penerima kartu kredit. Persiapkan uang cash. Jangan lupa bawa uang receh.

3. Jangan Mengeluh

Sekelompok turis yang berlibur di pantai.

Sikapmu yang menentukan nasibmu selama liburan. Tetaplah berpikir dan bersikap positif karena kamu pasti bertemu dengan berbagai macam orang.

Mengomel, komplain, berbicara keras, dan semua sikap buruk lainnya tidak akan menyelamatkanmu selama liburan. Fokuslah pada liburan dan bersenang-senanglah tanpa harus mengeluh atas segala sesuatu.

4. Biasakan Bertanya

Dua turis mengambil foto petani yang sedang bekerja.

Ketika kamu ingin memotret kegiatan penduduk lokal atau mengambil benda dari, biasakan bertanya terlebih dahulu. Kita harus menghormati privacy mereka.

Sebagai contoh, mengambil foto polisi bisa membuatmu dipenjara. Memotret seseorang tanpa ijin bagi sebagian orang juga tidak sopan.

5. Menghargai Undangan Penduduk Setempat

Turis mengenakan pakaian adat Bali.

Ketika kamu liburan, keluar dari zona nyamanmu, kamu pasti akan menemukan banyak hal yang tidak sesuai dengan kebiasaanmu sehari-hari. Contohnya, saat kamu diundang makan malam oleh penduduk setempat dan mereka menghidangkan daging, padahal kamu vegetarian.

Atau ketika mereka langsung makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Lebih baik, ikuti saja kebiasaan mereka karena itu akan membuat mereka merasa lebih dihargai.

6. Belajar Bahasa

Turis membaca kamus bahasa. (THE ODYSSEY ONLINE)

Poin keenam ini juga penting mengingat bisa saja penduduk setempat tidak memahami bahasamu. Apalagi jika kamu bepergian ke wilayah pedesaan atau yang terpencil.

Jika merasa sulit, kamu bisa mencatat bahasa sehari-hari di sebuah notes kecil. Tetapi yang terpenting adalah membawa kamus.

HUFFTINGTON POST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments