hero
Rizieq Shihab saat berada di DPR. (ANTARA)

EDITOR : OCTOBRYAN

17 Januari 2017, 19:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kepolisian Daerah Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan kepada Ketua Front Pembela Islam Rizieq Shihab. Pemanggilan itu terkait laporan masyarakat mengenai ucapannya tentang logo palu arit di uang edaran baru Bank Indonesia.

"Rizieq Shihab akan kita panggil hari Senin nanti soal uang yang dibilang palu arit," ujar Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan di RS Polri, Jakarta Timur, Selasa, 17 Januari 2017.

Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam pengungkapan kasus narkotika di RS Polri, Kramat Jati. (NET/Noval)

Iriawan menjelaskan, pemeriksaan terhadap Rizieq dilakukan karena penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah merampungkan proses penyelidikan atas kasus yang dilaporkan oleh masyarakat  itu.

"Kami tingkatkan jadi penyidikan, karena sudah cukup masa penyelidikan selama dua minggu," tambahnya.

Rizieq Shihab saat jalani pemeriksaan di Polda Jabar terkait kasus dugaan penghinaan Pancasila dan proklamator Soekarno. (NET/Anggi)

Proses penyidikan itu, kata Iriawan, akan menentukan status hukum untuk Rizieq Shihab. Menurutnya, orang nomor satu di FPI itu bisa menjadi tersangka dalam kasus tersebut jika bukti yang dimiliki kepolisian sudah cukup.

"Tentunya nanti kami panggil saksi dulu, kalau bukti cukup tersangka, kalau tidak ya tidak tersangka," jelasnya.

Rizieq Shibab bertemu dengan Wakil Ketua DPR Fadli Zon. (ANTARA)

Sebelumnya, Dalam video berdurasi 2 menit 49 detik yang diunggah akun resmi FPI TV ke media sosial, Rizieq seolah meyakinkan masyarakat, bahwa logo yang ada di uang itu betul berlambang palu arit.

"Bagian yang bukan palu arit disamarkan. Kami tanya saudara, sejak kapan uang negara pakai palu arit, ini bukan fitnah, ini fakta," kata Rizieq dalam cuplikan video tersebut.

BACA JUGA:
Tekad Panglima TNI soal FPI
Ditanya Soal pemeriksaan, Ini Kata Rizieq
Polisi Dorong FPI dan Anti FPI Saling Lapor
Diproses Hukum, Rizieq Mengadu ke Fadli Zon

Akibat postingan itu, Rizieq dilaporkan oleh Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah. Laporan itu berkaitan dengan ceramahnya yang menyebut uang baru berlogo palu arit. 

Tak hanya itu, Rizieq kembali dilaporkan oleh Solidaritas Merah Putih. Mereka menilai, Rizieq telah menyebarkan fitnah terkait logo uang baru dan fitnah terhadap Presiden RI Joko Widodo sebagai komunis.

NOVA YULHENDRI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments