hero
Ira Koesno yang jadi moderator debat calon gubernur Jakarta. (NET/Rebecca)

EDITOR : TITO SIANIPAR

13 Januari 2017, 15:40 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Debat perdana antar pasangan calon gubernur DKI Jakarta nanti malam akan dimoderatori oleh Ira Koesno. Ia mengaku tidak punya rekam jejak di politik dan lebih banyak menangani korporasi selama ini.

"Saya memang cenderung menjauhkan sisi politik," kata perempuan bernama lengkap Dwi Noviratri Koesno ini ketika ditemui khusus NET jelang persiapan debat pemilihan gubernur Jakarta, Kamis, 12 Januari 2017.

Sejak mengundurkan diri dari dunia televisi pada 2004, Ira membangun bisnis sendiri di bidang konsultan komunikasi. Perusahaannya bernama IKComm bergerak di bidang jasa media, konsultan humas, dan pelatihan komunikasi.

"Biasanya yang menyewa perusahaan besar. Mereka maunya one stop service," kata perempuan kelahiran 30 November 1969 ini. "Semua yang berkaitan dengan komunikasi."

Keputusan Ira membangun bisnis sendiri dan meninggalkan dunia presenter membuatnya tetap dipilih KPU DKI Jakarta untuk memoderatori debat. "Bulan Desember ada yang menghubungi saya. Tapi saya tidak percaya," ujarnya.

Setelah dihubungi kembali pada awal Januari 2017, Ira baru percaya yang menawarkan adalah KPU Jakarta langsung. Meski begitu, ia awalnya tidak yakin karena perusahaannya bergerak di bidang konsultasi komunikasi.

"Soalnya saya berpikir, saya tidak pernah punya rekam jejak mendukung partai politik tertentu," kata dia. Kalaupun ada pekerjaan dari aktor politik, kata Ira, itu lebih bagaimana melatih komunikasi politik si tokoh.

"Di saat saya memang menjauhkan dan menjaga jarak dari politik, tawaran ini saya rasa menarik. Karena kerasnya nuansa pemilihan dan aroma pilpresnya kuat sekali," tutur Ira.

Secara kebetulan, acara terakhir yang dimoderatori Ira sebelum berhenti dari dunia televisi adalah debat calon presiden 2004. Ketika itu ia bekerja di stasiun televisi swasta SCTV.

Untuk jadi moderator debat calon gubernur DKI Jakarta, Ira juga mempersiapkan diri secara maksimal. Komunikasi dengan panelis, dan sejumlah riset dilakukannya.

Satu kunci dari Ira tentang memoderatori debat politik, "Saya bukan bintang. Bintangnya adalah para pasangan calon. Saya harus bisa jadi katalisator membuat mereka menjadi bintang yang bersinar," kata dia.

DIAZ BELA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments