EDITOR : FIRZA ARIFIEN

11 Januari 2017, 10:00 WIB

ARAB SAUDI

Sebuah lagu bertema feminisme di Arab Saudi menjadi viral di media sosial. Lagu berjudul ‘Hwages' tersebut artinya kurang lebih adalah ‘Keprihatinan’. Salah satu liriknya berbunyi,“mungkin pria akan punah.”

Video musik ‘Hwages’ disutradarai oleh Majed al-Esa yang bekerja untuk 8ies Studios. Video diawali dengan hadirnya tiga wanita mengenakan niqab, kostum yang biasa dipakai oleh wanita di negara-negara Timur Tengah.

Video musik 'Hwages'. (YOUTUBE/majedalesa)

Ketiganya diceritakan masuk ke dalam mobil yang dikemudikan oleh seorang anak laki-laki. Namun akhirnya mereka memutuskan tidak membutuhkan sopir. Ketiga wanita itu lantas pergi menggunakan rollerblade dan skuter.

Video musik 'Hwages'. (YOUTUBE/majedalesa)

Salah satu pesan yang ingin disampaikan adalah mengkritik soal larangan mengemudi bagi wanita di Arab Saudi. Kampanye untuk mendobrak aturan ini belakangan memang tengah gencar dilakukan. Terutama melalui media sosial.

Hal satir lainnya dalam video musik ini adalah “House of Men” yang terkesan mirip Gedung Putih. “House of Men” menggambarkan budaya patriarki yang menempatkan laki-laki sebagai pemegang otoritas utama.

Video musik 'Hwages'. (YOUTUBE/majedalesa)

Video ‘Hwages’ sejauh ini sudah ditonton oleh lebih dari empat juta orang di Youtube. Video menuai kritik dan pujian dari masyarakat Arab.  Salah satunya dikemukan oleh Al-Bilad, surat kabar tertua di Arab Saudi. Al-Bilad menulis jika wanita Arab Saudi saat ini berbeda dengan generasi sebelumnya.

Video musik 'Hwages'. (YOUTUBE/majedalesa)

TEEN VOGOUE | THE HUFFINGTON POST

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% (total_main_comment < 1 ? 'No' : total_main_comment) + (total_main_comment < 2 ? ' Comment':' Comments') %>
<% latestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (latestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (latestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...
View More Comments
<% oldestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (oldestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (oldestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...