hero
Presiden Barack Obama. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

11 Januari 2017, 14:50 WIB

AMERIKA SERIKAT

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan pidato terakhirnya di McCormick Place, Chicago, Selasa, 10 Januari 2017 waktu setempat atau Rabu, 11 Januari 2017.  Chicago dipilih lantaran Obama memiliki kenangan manis dengan kota itu.

"Di setiap apapun, Amerika masih tetap yang terbaik dan Chicago adalah tempat yang menunjukan itu semua," kata Obama, Rabu, 11 Januari 2017.

Chicago adalah kampung halaman Obama. Karir politik pria kelahiran Hawaii itu bermula dari sana. Obama dalam pidatonya itu juga mengisahkan bagaimana dia memperjuangkan hak-hak kesetaraan, khususnya bagi imigran dan keturunan African-America.

 

Di kota terbesar di negara bagian Illinois itu juga dia mendeklarasikan kemenangan pemilihan Presiden Amerika Serikat pada tahun 2008. Obama ingin Chicago dikenang sebagai tempat yang dikenal dunia.

Politikus Partai Demokrat Amerika itu juga pada pidatonya menyampaikan kepada pendukungnya untuk tetap menatap masa depan negara dengan optimistis. Meski, kata dia, negara adikuasa itu akan dipimpin oleh Donald Trump, yang terkenal dengan kebijakan kontroversial dan diskriminatif.

Obama sampaikan pidato terakhirnya di Chicago. (THE GUARDIAN)

Beberapa poin penting lain dalam pidato terakhirnya itu antara lain menjaga demokrasi, menjaga keberagaman dan melindungi minoritas, menghindari konflik rasial, tetap fokus pada isu perubahan iklim. Obama juga menyampaikan  beberapa prestasi selama dia menjabat sebagai orang nomor satu di Amerika.

Di antaranya adalah tidak adanya serangan terorisme di Amerika, memfasilitasi warga dengan asuransi kesehatan, mengesahkan undang-undang pernikahan sesama jenis dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Terakhir, dia mengucapkan terima kasih kepada istrinya Michelle Obama yang selama ini tak kenal lelah mendampingi pengabdiannya untuk Amerika.

REUTERS | BBC | THE GUARDIAN 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% (total_main_comment < 1 ? 'No' : total_main_comment) + (total_main_comment < 2 ? ' Comment':' Comments') %>
<% latestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (latestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (latestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...
View More Comments
<% oldestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (oldestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (oldestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...