hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

11 Januari 2017, 18:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Bagi ibu yang memiliki bayi, menyusui adalah hal terpenting. Segala upaya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ASI si kecil. 

Termasuk aktivitas memompa susu. Meski sulit dan menyakitkan, para ibu tetap melakukan kegiatan ini. Tujuannya, agar ASI bisa disimpan dan diberikan kepada bayi saat ibu pergi bekerja.

Terinspirasi dari kesulitan yang ditemui oleh ibu menyusui. Perusahaan asal Silicon Valey, Willow Pump, meluncurkan sebuah alat pemompa ASI otomatis bernama Willow. 

Caption

Willow berwujud menyerupai bra. Di dalamnya terdapat sebuah kantong yang mampu menampung ASI hingga 100 gram.

Penggunaan alat ini cukup mudah. Willow hanya ditempel pada payudara layaknya mengenakan bra. 

Willow akan memompa ASI keluar secara perlahan. Saat penuh, alat yang terhubung dengan aplikasi telepon pintar itu akan memberikan alarm tanda selesai. 

Willow terhubung dengan aplikasi pada telepon pintar. (CNN)

John Chang, Direktur Teknologi Willow Pump, mengatakan peluncuran produk buatanya akan meningkatkan angka menyusui pada ibu di Amerika Serikat dan seluruh dunia. 

Sebab, alat ini sangat praktis dan mudah digunakan. Ibu menyusui tidak perlu menyisihkan waktu khusus untuk memompa ASI. 

Seperti diketahui, Pemerintah Amerika serikat merekomendasikan para ibu untuk memberikan ASI kepada bayi hingga usia 12 bulan. Sayangnya, masih banyak orang tua yang mengabaikan imbauan ini. Kesibukan bekerja menjadi alasan utama banyaknya ibu yang tidak memberikan ASI.

Berdasarkan penelitian dari Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC), belum semua bayi memperoleh hak ASI secara utuh. Separuh dari seluruh bayi hanya menikmati ASI selama enam bulan.

Produsen meluncurkan Willow Pump pekan lalu di acara pameran elektronik CES 2017 di Las Vegas, AS. Satu unit alat ini dibanderol dengan harga 430 dolar AS atau sekitar Rp 4 juta.

CNN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments