hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

9 Januari 2017, 06:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Ngaku deh guys, pasti pernah kan bikin teman-teman kamu iri tentang rencana liburanmu. Baik dengan posting foto selfie di bandara atau dengan meng-upload foto boarding pass, paspor, kacamata, kamera dan laptop di media sosial.

Foto yang diposting seorang wisatawan saat akan berlibur ke Bali.
(DAILYMAIL.CO.UK)

Ternyata pamer liburan dengan cara ini salah besar guys! Karena memperlihatkan barcode boarding pass memungkinkan hacker mengakses informasi pribadi kamu.

Spesialis cyber crime dan keamanan komputer, Brian Krebs baru-baru ini menulis tentang pengalaman seorang pembaca di blognya, KrebsOnSecurity. Ia menyelidiki berapa banyak informasi yang bisa didapat dari boarding pass temannya yang diupload ke Facebook.

"Saya menemukan sebuah website yang bisa membaca sandi dan langsung memberikan banyak info tentang perjalanannya," kata pembaca blog KrebsOnSecurity, Cory.

Informasi itu termasuk nama lengkap, rincian penerbangan tertentu termasuk di mana ke mana dan dari mana ia terbang, nama maskapai, sejarah penerbangan dan nomor frequent flyer. Semua info penting ini bisa diakses hanya dengan menggunakan barcode.

Traveler memfoto paspor dan boarding pass saat menunggu keberangkatan di bandara.
(INSPIREDTRAVELLER.IN)

Nggak hanya itu,jika kamu sudah memesan tiket penerbangan jauh-jauh hari untuk travelling berikutnya, hacker juga bisa melihatnya.

Menurut Brian, akses yang diberikan situs maskapai juga memberi orang lain akses untuk melihat, mengedit dan membatalkan semua penerbangan yang akan datang.

Postingan gambar boarding pass juga bisa mempermudah seseorang untuk me-reset password kamu. Dan yang paling merugikan, hacker bisa mengakses akun kamu, lalu menambahkan dirinya sebagai anggota keluarga dan mentransfer sering flyer poin untuk diri mereka sendiri,

Informasi dapat diperoleh hanya dengan membaca secara teliti halaman jejaring sosial seseorang. Misalnya, untuk mencari tahu siapa nama gadis atau fam ibumu. Hacker akan menjelajahi halaman Facebook bibi atau pamanmu yang memiliki fam yang sama dengan ibu kamu.

Traveler asal Italia berfoto dengan paspor, boarding pass dan tas.
(PINTEREST)

 

So guys, kalau nggak mau seluruh informasi pribadi kamu terungkap dari boarding pass penerbangan, sudah saatnya mempertimbangkan kembali posting-an yang dinilai tidak penting.

Think before posting!

 

DAILYSTAR.UK

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% (total_main_comment < 1 ? 'No' : total_main_comment) + (total_main_comment < 2 ? ' Comment':' Comments') %>
<% latestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (latestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (latestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...
View More Comments
<% oldestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (oldestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (oldestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...