hero
Sebuah truk bahan bakar meledak di pasar Kota Azaz, kota dekat perbatasan Turki yang dikuasai pemberontak Suriah. (APTN)

EDITOR : OCTOBRYAN

8 Januari 2017, 14:15 WIB

SURIAH

Sebuah truk bahan bakar meledak di pasar Kota Azaz, kota dekat perbatasan Turki yang dikuasai pemberontak Suriah, Sabtu, 7 Januari 2017, waktu setempat. Insiden tersebut menewaskan sekitar 48 orang dan puluhan orang lainnya luka-luka.

Kelompok Pemerhati Hak Asasi Manusia Suriah mengatakan, sebagian besar korban tewas adalah warga sipil yang sedang beraktifitas di pasar ketika peristiwa terjadi. Peristiwa itu juga menyebabkan 14 pemberontak yang menjaga gedung pengadilan dan lima hakim agama menjadi korban.

Warga sipil menjadi korban ledakan truk bahan bakar di Azaz, Suriah. (APTN)

Dalam rekaman video, asap hitam tebal membumbung tinggi ke udara pascaledakan, masyarakat dibantu petugas berjuang keras memadamkan api dan mengevakuasi korban yang tergeletak di jalanan maupun terhimpit reruntuhan bangunan.

"Identitas korban masih dikumpulkan, meski sebagian akan sulit diidentifikasi sebab jenazahnya sulit dikenali karena terbakar habis," ujar Rami Abdel Rahman, ketua kelompok pemerhati HAM Suriah, seperti dikutip dari kantor berita AFP.

Sedikitnya 48 warga menjadi korban ledakan yang terjadi di pasar Kota Azaz, Suriah. (APTN) 

Seperti dilansir Al Jazeera, Minggu, 8 Januari 2017, Kota Azaz adalah benteng pertahanan kelompok Tentara Pembebasan Suriah (FSA), yang diduga didukung oleh Turki yang ikut berjuang mengusir ISIS dari kawasan perbatasan itu.

"Azaz merupakan kota strategis daerah kekuasaan ISIS sejak 2013, namun kelompok itu dipukul mundur oleh Tentara Pembebasan Suriah. ISIS berusaha tetap bertahan di sana," kata Hashem Ahelbarra, jurnalis Al Jazeera.

Kota Azaz yang terletak di utara Suriah, termasuk sering mengalami serangan bom, sebelumnya serangan bom mobil terjadi November tahun lalu dan menewaskan 25 orang. Serangan lainnya terjadi pada Oktober, yang menewaskan 17 orang di pos pemeriksaan.

BACA JUGA:
Kata PM Australia soal Hina Pancasila
Ambisi Politik Dituding Rusak Hubungan Australia-Indonesia
Pidato Perpisahan Michelle Obama yang Mengharukan
Korea Utara Target Pertama Trump Jadi Presiden

Namun, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan truk tangki bahan bakar kali ini.

Banyak pemberontak dan warga yang keluar dari Aleppo selama terjadi serangan besar pada akhir 2016 bermukim di Azaz. 

Sementara itu, lebih dari 310.000 orang tewas di Suriah sejak konflik yang dimulai dengan protes anti-pemerintah meletus pada Maret 2011.

REUTERS | AL JAZEERA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% (total_main_comment < 1 ? 'No' : total_main_comment) + (total_main_comment < 2 ? ' Comment':' Comments') %>
<% latestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (latestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (latestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...
View More Comments
<% oldestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (oldestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (oldestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...