hero
Food blogger berusaha mengambil foto makanan agar terlihat menarik (NET10)

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

30 Desember 2016, 11:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kuliner lezat dengan tampilan menarik tentu berkesan saat dimakan. Tetapi, sayang jika kuliner itu cuma dimakan tanpa diabadikan. Hobi mengabadikan kuliner itu dijalankan seorang food blogger Anakjajan, Julia Veronica.

Hobi ini membuat blog maupun instagram Anakjajan dikenal luas netizen. Kepada tim Net10, Julia Veronica berbagi tips membuat blog atau instagram menarik dan sedap dipandang. Let's check it out!

Caption

"Yang pasti sih pertama pilih dulu topiknya,” ucap food blogger yang pengikut instagramnya mencapai 195 ribu.

Perempuan dengan rambut sebahu ini menambahkan, dunia kuliner sangat luas, mencakup makanan dan minuman. Penentuan tema biasanya dilatarbelakangi minat atau fashion si pembuat blog.

Fotografer harus menguasai fitur kamera. (NET10)

Tips kedua yang tidak kalah penting adalah menguasai fitur-fitur gadget, supaya kuliner yang dibidik hasilnya menarik. Sayang kan punya kamera bagus tapi kurang paham cara mengoperasikannya.

Fotografer memotret objek dengan pencahayaan yang baik. (NET10)

Tips ketiga, pencahayaan. " Cahaya natural matahari sangat bagus jadi kalau misalkan ke restoran atau cafe pilih tempat duduk di sebelah jendela agar hasilnya terang,” papar dia.

Jadi, jangan memotret di tempat yang cahayanya kurang apalagi di tempat gelap, hasilnya pasti nggak bagus.

Memotret makanan dengan angle dari atas. (NET10)

Ia juga mengingatkan pentingnya menentukan angle atau sudut pandang, karena akan menentukan posisi makanan atau minuman. Angle bisa diambil dari atas, samping, close up dan lainnya.

Julia mulai ngeblog sejak sejak 2011. Waktu itu, ia dan suami, Marius Tjenderasa, punya hobi sama, yaitu doyan jajan.

"Karena kita sama-sama mendukung, kenapa nggak kita diary-in aja dalam blog. Jadi kita ke mana-mana dokumentasikan,” kenangnya.

Caption

Pasangan Julia-Marius kemudian men-diary-in wisata kuliner mereka melalui akun Anakjajan yang kemudian menjadi rekomendasi teman-teman mereka untuk mencari tempat makan yang asyik. Dalam akun itu mereka mereview jajanan yang sudah dicicipi.

“Jadi dari situ kita bisa saling sharing aja," timpal Marius Tjenderasa. Akun Anakjajan berhasil menarik perhatian netizen, bahkan menjadi referensi kuliner nikmat. 

Konsistensi mem-posting foto-foto makanan dalam akun AnakJajan, membuat mereka diundang ke berbagai restoran untuk mereview menu. 

"Terkadang kita mendapatkan previllage, jadi kita bisa mengunjungi satu restoran atau pun cafe yang belum buka, jadi kita udah bisa cobain makanan dan tempatnya jauh sebelum opening day-nya," tutur Julia.

Bahkan pasangan suami istri ini sampai diundang ke London oleh Kedutaan Inggris untuk menjelajahi wisata kuliner di sana. Seru banget ya!

Selain menyalurkan hobi, gambar-gambar menarik mata yang mereka dipajang di media sosial ini  juga berfungsi sebagai pengingat.

“Buat kita sosial media dan juga blog utamanya adalah diary sih, jadi kita juga bisa ingat pernah kemana saja, pernah makan apa, pernah ngapain aja di satu tempat itu,” jelas Julia.

Melalui pengalaman itu mereka bisa sharing ke banyak orang, memberikan referensi hingga masukan. “Biar orang-orang lain juga hunting atau kulineran ke mana-mana," katanya sembari tertawa.

 

NET10

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments