EDITOR : FIRZA ARIFIEN

13 Desember 2016, 09:05 WIB

INDONESIA

Bisnis digital di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini enggak terlepas dari pasar e-commerce. Aktivitas belanja online pun menjadi tren baru, salah satunya di kalangan milenials.

Menurut We Are Social, sebuah agensi marketing sosial, Indonesia termasuk salah satu negara dengan pasar e-commerce potensial di dunia. Data We Are Social pada Januari 2016, 27% dari total penduduk Indonesia adalah konsumen e-commerce. Itu artinya, hampir 70 juta warga Indonesia adalah online shoppers.

Data konsumen belanja online di dunia, Januari 2016. (WE ARE SOCIAL)

 

Apakah kamu termasuk orang yang sering beli barang via online? Terus, barang apa aja sih yang sering kamu beli?

Tapi nih, enggak cuma barang loh, bahkan hewan peliharaan sekarang diperjualbelikan secara online. Berikut fakta-faktanya:

1. Barang dari mantan pacar.

Seorang pria di Singapura pernah menjual beberapa barang pemberian mantan kekasihnya. Raph Yee menjual kursi seharga US$ 30 atau sekitar Rp 400 ribu. Uniknya, ia juga menuliskan kisah cintanya di deskripsi barang.

Kursi pemberian mantan pacar yang dijual Raph Yee di situs jual beli online Carousell. (CAROUSELL)

 

Barang lainnya yang dijual Raph di situs jual beli online Carousell yaitu hadiah Natal dari mantan kekasihnya.

Hadiah Natal dari mantan kekasih Raph Yee yang dijual di situs jual beli online Carousell. (CAROUSELL)

 

Enggak cuma barang, Raph bahkan pernah mengiklankan dirinya pada 6 November 2016. Namun postingan tersebut akhirnya dihapus.

Raph Yee. (CAROUSELL)

 

2. Granat dan peluncur roket.

Dengan akun millsbomber, David Sampson pernah menjual senjata di situs e-commerce eBay. Senjata-senjata peninggalan perang itu sebetulnya udah enggak aktif lagi. Tapi akibatnya, David harus mendekam di penjara selama 5 tahun.

Granat yang dijual David Sampson di situs eBay. (DAILY MAIL)

 

Di eBay, pria berusia 42 tahun itu sempat menawarkan granat dan peluncur roket. Selain itu, David juga menjual pistol peninggalan Perang Dunia I, senapan laras ganda, dan pistol Belgia antik.

peluncur roket- Kent News & Picture Ltd.
Peluncur roket yang dijual David Sampson di situs eBay. (DAILY MAIL)

 

3. Barang kebutuhan rumah tangga.

Selain barang-barang elektronik atau fashion, sekarang kita juga bisa beli aneka kebutuhan rumah tangga via online. Padahal sebelum tren jual beli online ini ada, kita bisa dapatkan barang-barang itu di warung atau toko sekitar rumah.

Aneka kebutuhan rumah tangga dijual secara online. (TOKOPEDIA)

 

Contohnya nih, sabun batangan, minyak, kopi, sampai mi instan. Hadirnya barang-barang ini di lapak jual beli online di satu sisi memang memudahkan kita.

Kita enggak perlu berjalan kaki ke warung atau ke toko lagi. Selain itu, kalau dompet udah mulai tipis, kita juga bisa bayar dulu barang yang mau kita beli itu menggunakan kartu kredit.

4. Hewan peliharaan.

Mau cari hewan peliharaan tapi malas keluar rumah? Kamu tinggal ambil smartphone dan browsing hewan yang kamu mau.

Ya, selain barang, beberapa situs e-commerce juga memperjualbelikan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Contohnya, situs kucingdijual.com dan anjingdijual.com.

anjingdijual.com
Anjing dijual secara online. (ANJING DIJUAL)

 

Selain hewannya, perlengkapan perawatan hewan juga dijual di sini. Sebagai konsumen, kamu tinggal pesan dan hewan yang kamu inginkan akan diantar melalui jasa pengiriman.

Nah, kamu enggak cuma bisa berperan sebagai pembeli. Di dua situs ini, kamu juga bisa menawarkan hewan peliharaan yang ingin kamu jual ke konsumen lainnya.

DIYAS PRADANA | RINA NUR AUFA

Read More in This Story

KAMU PERLU TAHU FAKTA-FAKTA INI!

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments