hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

11 Desember 2016, 10:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Forbes baru saja merilis daftar artis YouTube dengan penghasilan paling tinggi di dunia.  Mereka meraup keuntungan mulai dari Rp 80 miliar hingga Rp 200 miliar.

Uang diperoleh dari monetisasi yang dilakukan oleh situs berbagi video milik Google tersebut. Besarnya pemasukan ditentukan oleh banyaknya klik, impresi dan laman yang dibuka oleh para netizen. 

Belakangan, tren meraup untung bertambah dengan adanya sistem endorsement. Pihak ketiga membayarkan sejumlah uang kepada YouTuber dengan imbalan produk mereka di promosikan melalui konten-konten video yang diunggah.

Penasaran siapa saja YouTuber terkaya saat ini. Berikut daftarnya:

1. Rosana Pansino 

Pendapatan: Rp 80 miliar 

Pansino adalah pemilik akun YouTube dengan jumlah pengikut mencapai 7 juta orang. Konten-konten video yang diunggah berisi tips-tips cara membuat roti. 

Salah satu serial video milik Pansino yang paling banyak ditonton adalah Nerdy Nummies. Dari seluruh video yang diunggah, kanal YouTube Pansino telah ditotonton sebanyak 1,5 miliar pengguna internet.

2. Smosh

Pendapatan: Rp 93 miliar

Smosh adalah grup duo komedian yang terdiri dari Ian Hecox dan Anthony Padila. Video berisi mini seri komedi berdurasi singkat. Selain itu, mereka juga sering memparodikan sesuatu yang sedang tren di masyarakat. 

Akun YouTube yang mereka kelola diikuti sebanyak 22 juta pengguna internet. Mereka berhasil menjaring sebanyak 6 miliar penonton dari seluruh video yang diunggah. 

3. Lilly Singh (7,5 juta dolar AS)

Pendapatan: Rp 100 miliar

Gadis kelahiran Ontario, Kanada ini melakukan segala hal agar orang-orang menonton YouTubenya. Antara lain: bermain musik, komedi hingga film pendek. 

Lilly Singh memiliki pengikut setia sebanyak 10,3 juta. Dengan total views sebanyak 1,5 miliar.

4. Roman Atwood 

Pendapatan: Rp 106 miliar

Roman adalah seorang kepala keluarga yang merekam kehidupan sehari-harinya ke dalam video. Siapa sangka jika kelakarnya sangat digemari oleh para pengguna internet.

YouTube bahkan pernah menobatkan pria asal Ohio itu sebagai The Most Appalling Prankster. Kanalnya telah diikuti sebanyak 10,4 juta pengguna dengan total views sebanyak 1,3 miliar.

5. PewDiePie 

Pendapatan: Rp 200 miliar

Adalah Felix Arvid Ulf Kjelberg orang dibalik moncernya akun PewDiePie. Kjelberg kerap mengunggah video dirinya sedang bermain game disertai komentar-komentar miring menjurus kasar.

Sebuah video yang justru melambungkan namanya di jajaran para YouTuber dunia. Akun PewDiePie telah diikuti sebanyak 50 juta netizen. Sebanyak 13 miliar orang menonton video yang diunggahnya ke Youtube.

BUSINESS INSIDER.

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% (total_main_comment < 1 ? 'No' : total_main_comment) + (total_main_comment < 2 ? ' Comment':' Comments') %>
<% latestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (latestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (latestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...
View More Comments
<% oldestComment.user.name %>
  • reply
  • <% child_comment.user.name %>
    • reply
View <% (oldestComment.total_child - 5) == 1 ? "the last one comment" : (oldestComment.total_child - 5) + " more comments" %> ...