hero
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

8 Desember 2016, 10:00 WIB

ACEH, INDONESIA

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan lembaganya menyalurkan sejumlah bantuan logistik untuk warga Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, yang menjadi korban gempa. Nilanya mencapai Rp 2 miliar.

“Berbagai bentuk bantuan yang dikirim antara lain, tenda, matras, selimut, familiy kit, food ware, kids ware, mie instan, makanan kaleng dan berbagai jenis sembako,” kata Khofifah, melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 8 Desember 2016.

Sejumlah bangunan hancur dalam musibah gempa di Aceh pada Rabu, 7 Desember 2016. (NET)

 

Bantuan tersebut disalurkan melalui Dinas Sosial Provinsi Aceh. Dia berharap bantuan itu didistribusikan secara merata bagi warga yang daerahnya terkena dampak gempa berkekuatan 6,4 skala richter itu.

Khofifah juga mengatakan selain memberikan bantuan logistik, kementeriannya menyiapkan bantuan tunai kepada korban gempa.  “Masing-masing Rp15 juta untuk korban meninggal dan maksimal Rp5 juta untuk korban luka-luka.”

Sejumlah korban luka-luka akibat gempa di Aceh, Rabu, 7 Desember 2016. (NET)

 

Untuk saat ini, kata Khofifah, kementeriannya sudah menerjunkan pasukan relawan dan membentuk dapur umum lapangan. Tujuannya untuk memberikan bantuan darurat sementara asupan makanan bagi para warga yang mengungsi.

“Tiap dapur umum mampu menyajikan makanan sebanyak 1.000 porsi untuk warga,” ujar dia.

Gempa yang terjadi pada Rabu kemarin menghancurkan ratusan rumah warga dan gedung di Kabupaten Pidie Jaya. Lebih dari 90 orang meninggal akibat musibah itu.

Sebanyak 560 orang lainnya mengungsi ke sebuah balai pengajian di Desa Mesjid Tuha, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Mereka yang mengungsi dikarenakan rumahnya rusak akibat gempa.

Kepala Desa Mesjid Tuha Junaidi mengatakan kondisi warga yang mengungsi itu membutuhkan sejumlah bantuan. "Di sini kami sangat butuh obat-obatan, susu dan popok bayi, ini sepele, tapi dibutuhkan warga karena semua toko ambruk akibat gempa,” ujar dia.

MUNANDAR SYAMSUDDIN (ACEH)

BACA JUGA
Korban Tewas Gempa Capai 94 Jiwa
Gempa 6,4 Skala Richter Mengguncang Aceh
Instruksi Jokowi soal Gempa Aceh​

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments