hero

EDITOR : REZA ADITYA

5 Desember 2016, 00:05 WIB

INDONESIA

Penangkapan sepuluh orang yang diduga melakukan makar oleh kepolisian pada Jumat, 2 Desember 2016 kemarin menyita perhatian dunia. Sejumlah media asing menyoroti figur Rachmawati Soekarnoputri, yang ditangkap dan dituding merencanakan makar. Sorotan ke Rachmawati karena dia merupakan anak kandung Presiden RI Soekarno.

The Telegraph di hari yang sama memuat artikel berjudul "Daughter of Indonoesia's Founding President Arrested Over Alleged Anti-Government Plot, Amid Mass Protest." Dalam artikel itu, disebut Rachmawati menggelar konferensi pers sehari sebelum aksi super damai.

Tujuan konferensi pers itu, tulis Telegraph, untuk memobilisasi massa dan menduduki gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Rachmawti dalam artikel itu juga disebut ingin melakukan makar dengan mengubah konstitusi kembali ke aslinya, yaitu UUD 1945.

Ilustrasi makar. (NET.Z/Adli)

 

"Hal ini dikarenakan amandemen konstitusi telah membuat Indonesia menjadi lebih liberal dann bergantung pada kekuatan asing," tulis Telegraph.

Media Channel News Asia juga menyinggung Rachmawati sebagai headline berita utamanya. Channel News Asia menulis, "Indonesian Police Arrest Sister of Former President Megawati Ahead of Rally." Sayangnya, media itu tidak begitu spesifik menuliskan motif Rachmawati melakukan makar.

Asian Correspondent juga menuliskan artikel berjudul, "Indonesia: Sukarno's Daughter, Rock Star Ahmad Dhani Among 8 Nabbed Before Mass Rally." Sama seperti artikel lainnya, media itu juga menyinggung Rachma, yang merupakan putri pertama Sang Proklamator.

THE TELEGRAPH | CHANNEL NEWS ASIA | ASIAN CORRESPONDENT

BACA JUGA:
Yusril Dampingi Terduga Makar yang Ditangkap Polisi
Begini Detik-detik Penangkapan Terduga Makar

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments