hero
Skuad Timnas Indonesia dalam Piala AFF 2016. (@PSSI_FAI)

EDITOR : OCTOBRYAN

3 Desember 2016, 00:35 WIB

KABUPATEN BOGOR, INDONESIA

Timnas Indonesia menggalar latihan tertutup sebelum menghadapi Vietnam di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat. Pelatih Alfred Riedl optimis Indonesia akan meraih kemenangan dalam leg I semifinal Piala AFF 2016 tersebut.

"Kita fokus pertahanan pada laga ini," ujarnya, Jumat, 2 Desember 2016.

Alfred Riedl Pimpin latihan timnas di Stadion Pakansari. (NET)

Riedl menjelaskan, sektor pertahanan menjadi perhatian. Pasalnya, dua pemain belakang andalan Tim Garuda yakni Fachrudin Wahyu dan Rudolf Yanto Basna yang tak bisa bermain karena akumulasi kartu kuning.

Meski begitu, pria asal Austria ini mengaku sudah menyiapkan pengganti yang kemampuannya setara dengan pemain yang absen yakni Gunawan Dwi Cahyo, Manahati Lestusen, dan Hansamu Yama Pratama. 

"Secara prinsip saya tidak akan merubah banyak komposisi pemain," tambahnya.

Skuat Indonesia di Piala AFF 2016. (NET)

Riedl melanjutkan, pihaknya akan mewaspadai kecepatan pemain-pemain Vietnam. Untuk itu ia akan menekankan pemain gelandang untuk pintar mengatur skema penyerangan dan transisi bertahan.

Dengan kekuatan yang ada saat ini, termasuk tiga pemain yang sangat diwaspadai oleh Vietnam yaitu Boaz Solossa, Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly, Riedl menegaskan jika Timnas Garuda sudah dalam kondisi terbaik. Apalagi pada pertandingan ini ditargetkan meraih hasil maksimal.

Andik Vermansyah usai cetak gol ke gawang Singapura. (Twitter @affsuzukicup)

"Kita akan manfaatkan laga kandang ini, semoga pertandingan ini menarik. Saya rasa kedua tim sudah menyiapkan taktik masing-masing untuk pertandingan ini," pungkasnya.

Sementara itu pelatih Vietnam Nguyen Hyu Thang mengatakan tidak akan menganggap remeh kekuatan sepakbola Indonesia terlebih saat menjadi tuan rumah. 

BACA JUGA:
Ini Kendala Indonesia Hadapi Vietnam
Begini Reaksi Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal AFF
Ini Cerita Suporter Dukung Timnas di Manila
PSSI Punya Ketua Umum Baru

"Mereka punya pemain bagus di semua lini. Indonesia juga punya skema menyerang yang sangat baik, jadi kita bakal awasi semua pemain besok, tidak hanya 1 pemain," ujarnya.

Pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang, adalah mantan anak didik Alfred ketika menangani timnas Vietnam. Saat Alfred menjadi arsitek Vietnam, Huu Thang dipercaya menjadi kapten. Pada Piala Tiger 1998, kombinasi keduanya membawa Vietnam menjadi runner up turnamen sebelum kalah dari Singapura.

Dalam dua pertemuan terakhir, Indonesia mampu menahan imbang 2-2 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Namun, saat tandang ke markas Vietnam, Boaz Salossa dan kawan-kawan harus kalah 2-3 meski sebelumnya sempat unggul terlebih dahulu.

Lolosnya Indonesia ke semifinal kejuaraan dua tahunan ini terbilang luar biasa. Timnas Garuda dinaungi keberuntungan karena mampu lolos walau hanya di posisi runner-up Grup B dengan 4 poin hasil 1 menang, 1 imbang, dan 1 kalah.

Setelah laga pertama digelar di Stadion Pakansari, laga leg kedua akan digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Rabu, 7 Desember 2016.

GIA PIJAR | WUSANA BAYU

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments