hero
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sedang menyegel gedung hotel. (NET/Anggi)

EDITOR : REZA ADITYA

23 November 2016, 15:55 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyegel gedung proyek pembangunan hotel di Jalan Sulanjana, Dago, Bandung.  Gedung  itu disegel karena menyalahi prosedur izin pembangunan.

"Ini merupakan rutinitas dari pemerintah Kota Bandung menertibkan bangunan yang melanggar," kata Ridwan, Rabu, 23 November 2016. "Bangunan yang ada izin mendirikan bangunan (IMB) tapi melebihi yang diizinkan."

Untuk kasus penyegelan hotel ini, pengelola melanggar izin dari yang sebelumnya hanya enam lantai menjadi sembilan lantai. 
Penyegelan tidak ditujukan sepenuhnya pada gedung hotel itu. Hanya dilakukan pada lantai tujuh, delapan dan sembilan gedung hotel.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sidak dan segel bangunan yang melanggar izin. (NET/Anggi)

 

Sebagai sanksi, pengelola harus membongkar tiga lantai yang melanggar atau membayar denda sesuai dengan peraturan. Ridwan geram lantaran banyak pengusaha atau pengelola gedung komersil yang seenaknya mengubah koefisien gedung tanpa izin dari pemerintah setempat.

Dia berharap penyegelan ini memberikan efek jera bagi pengelola dan pengusaha gedung komersil lainnya untuk patuh terhadap aturan dan izin dari pemerintah.

Wali Kota Ridwan Kamil menempelkan sticker segel di gedung hotel di Bandung, Rabu, 23 November 2016. (NET/Anggi)

 

Ridwan sedang gencar-gencarnya blusukan menyegel bangunan yang menyalahi prosedur perizinan. Pada September lalu, dia menyegel bangunan setinggi empat lantai di Kelurahan Coblong, Bandung. Alasannya, bangunan tersebut menyalahi izin karena dijadikan sebagai tempat bisnis. Padahal, izinnya adalah rumah tinggal.

Di bulan yang sama, Ridwan juga menyegel Rumah Makan Ampera yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta. Kali ini permasalahannya bukan soal izin bangunan. Melainkan, pengusaha restoran yang tidak taat membayar pajak.

ANGGI PUTRA (BANDUNG) | 

BACA JUGA:
Karena Sterofom Musuh Bersama
Dituduh Pungli, Kepsek Ini 'Melawan' Ridwan Kamil
Ridwan Kamil Pecat Kepala Sekolah Pelaku Pungli

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments