hero
Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Setya Novanto. (NET/Fuad)

EDITOR : TITO SIANIPAR

23 November 2016, 18:25 WIB

INDONESIA

Partai Golkar memutuskan mengganti Ketua DPR dari Ade Komarudin ke Setya Novanto. Ade berencana akan membicarakan terlebih dahulu rencana tersebut dengan para senior partai.

Ade sendiri mengaku belum menerima surat dari DPP Partai Golkar mengenai rencana penggantian tersebut. "Kami tahu bahwa DPP sudah pleno," kata pria yang kerap disapa Akom ini, di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu, 23 November 2016.

Rapat pleno memutuskan Novanto kembali menjadi ketua DPR dilakukan pada Senin, 21 November 2016 lalu. Keputusan itu diambil paska Mahkamah Kehormatan Dewan DPR yang tidak menemukan kesalahan Novanto.

Novanto dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan terkait insiden 'Papa Minta Saham' pada 2015 lalu. Ia dituding mencatut nama Presiden Joko Widodo yang membuatnya mundur sebagai Ketua DPR.

Ketua DPR Ade Komarudin. (NET)

Menurut Ade, keputusan pleno Golkar itu akan dipelajari terlebih dahulu. "Tetntu akan saya konsultasikan kepada para senior saya di partai, keluarga, dan kemudian shalat istiqhoroh," kata Ade.

Setya Novanto meminta Ade bersedia menyerahkan jabatan Ketua DPR itu kepadanya. "Serahkan semua kepada putusan DPP Partai Golkar," kata Novanto yang juga menjabat Ketua Umum Partai Golkar itu.

Yoris Raweyai, politikus Golkar pendukung Novanto, mengatakan pencopotan Novanto sebagai Ketua DPR ketika itu merupakan langkah strategis partai. "Posisi itu bisa hilang," kata Yoris.

Yoris Raweyai. (NET/Fuad)

Menurut Yoris, Novanto yang kini menjadi ketua umum adalah simbol dan terkait wibawa partai. "Kami harus mengembalikan wibawa dia, dengan duduk sebagai Ketua DPR," ujarnya.

ENDA TARIGAN | MELISA LOLINDU

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments