hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

19 November 2016, 09:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Sadar atau enggak, kita pasti suka menggigit kuku tangan sendiri. Iya enggak sih? Terus kira-kira kenapa ya? Menurut penelitian, menggigit kuku adalah kebiasaan yang kerap dilakukan oleh sekitar 20% hingga 30% manusia di dunia. 

Menggigit kuku sebagai salah satu kebiasaan buruk. (THE VERGE)

 

Menggigit kuku menjadi pertanda jika seseorang sedang merasa grogi atau cemas. Selain itu, kebiasaan tersebut juga biasa dilakukan oleh seseorang ketika ia merasa bosan, lapar, hingga frustasi. Dan entah kenapa, kebiasaan ini bagi sebagian orang juga mendatangkan kenikmatan.

Menurut penelitian lain, menggigit kuku adalah gambaran seseorang yang perfeksionis. "Mereka akan merasa frustasi jika situasi menjadi tidak sempurna. Karena itu, mereka secara tidak sadar akan menggigit kukunya sendiri," ungkap Kieron O'Connor, seorang Profesor dari Montreal University, Kanada.

Sementara ada juga penelitian yang menyebut jika menggigit kuku adalah kebiasaan buruk yang diturunkan secara genetik. "Sebagian orang yang menggigit kukunya tangannya sendiri mengungkapkan, jika ada anggota keluarganya yang juga memiliki kebiasaan yang sama," kata Shari Lipner, Asisten Profesor Dermatologi dari Weill Cornel Medicine, Amerika Serikat.

Kebiasaan menggigit kuku bisa mengganggu kesehatan. (THE VERGE)

 

Apa pun alasannya, menggigit kuku adalah kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Bagian bawah kuku adalah tempat yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak. 

"Salah satu bakteri yang berkembang biak di situ adalah E. Coli. Ketika seseorang menggigit kuku, bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan," jelas Shari Lipner.

Banyak bakteri berkembang biak di bawah kuku. (PIXABAY)

 

Sebaliknya, mulut juga menjadi rumah bagi sekian banyak bakteri. Karena itu, sangat mungkin terjadi infeksi pada kuku.

So, apa yang harus kita lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini? Tracy Foose, seorang Profesor di UCSF School of Medicine di California, Amerika Serikat, menawarkan solusi. 

Menggunakan sarung tangan, salah satu solusi untuk menghilangkan kebiasaan menggigit kuku. (PIXABAY)

 

Salah satu di antaranya, yaitu dengan membungkus tangan menggunakan sarung tangan. Sementara solusi lainnya bisa dengan mengikuti terapi relaksasi untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini.

THE VERGE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments