hero
Ilustrasi tentara dan barang bukti narkoba. (NET.Z)

EDITOR : TITO SIANIPAR

16 November 2016, 19:55 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Penggerebekan Badan Narkotika Nasional di Tangerang menyebabkan dua orang yang diduga bandar narkoba tewas ditembak. Salah satu yang tewas tersebut adalah anggota TNI Angkatan Udara.

"Ada anggota saya yang melindungi narkoba, ya ditembak, ya dikuburin. Mau apa lagi," kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai kuliah umum di Universitas Indonesia, Depok, Rabu, 16 November 2016.

Anggota TNI yang tewas itu diketahui bernama Zamroni Aidilah berpangkat Prajurit Kepala. Ia berada dalam mobil Avanza ketika petugas gabungan BNN, TNI, dan Bea Cukai menggerebeknya.

Jenderal Nurmantyo di kampus UI Depok. (NET/Damar)

Menurut BNN, Zamroni bersama seorang rekan lainnya menembak petugas yang meminta mereka menyerah dan keluar dari mobil. Akibatnya, petugas membalas tembakan itu dan menyebabkan keduanya tewas di lokasi kejadian di Pergudangan Sentra Kosambi, Tangerang.

Dari dalam mobilnya, BNN menemukan narkoba sabu seberat 40 kilogram. Dari situ, petugas menyusuri asal mobil dan menggeledah gudangnya. Di sana BNN menemukan jumlah yang lebih besar; 60 kilogram sabu dan 300 ribu butir ekstasi Happy Five.

Bersama barang bukti itu, di dalam gudang, polisi menangkap seorang warga Taiwan bernama Yeh Jen-Che Eh. Penggrebekan jaringan internasional ini merupakan hasil pengintaian tim gabungan BNN selama dua pekan.

Nurmantyo mengakui operasi yang dilakukan BNN itu bekerja sama dengan TNI. "Sudah lama BNN bersama TNI. Kami menyiapkan tim khusus yang tidak terlihat," kata Nurmantyo.

Salah satu pelaku yang tewas. (ISTIMEWA)

TNI, lanjut Nurmantyo, sudah bertekad melawan dan menyatakan perang terhadap narkoba. Terhadap anggota TNI yang terlibat narkoba, "Tidak mengenal rehabilitasi. Begitu terlibat dihukum dan ada hukuman tambahan pemecatan," kata pria kelahiran 13 Maret 1960 ini.

DAMAR PAMUNGKAS

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments