hero
Mantan Ketua KPK Antasari Azhar saat memberikan keterangan bebas bersyarat di Lapas Klas 1 Tangerang, Kamis, 10 November 2016. (NET/Lukmanul Hakim)

EDITOR : REZA ADITYA

10 November 2016, 11:30 WIB

INDONESIA

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar akhirnya bebas bersyarat setelah tujuh tahun enam bulan dibui di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tangerang. Antasari mengaku lega dan akan kumpul bersama keluarga.

"Di rumah saya akan potong tumpeng bersama keluarga dan rekan-rekan pers," kata Antasari, Kamis, 10 November 2016. 

Setelah bebas, Antasari diwajibkan melapor selama satu bulan sekali secara berkala sampai dengan tahun 2022. Musababnya, bebas bersyarat Antasari tidak menghilangkan status terpidananya yang dihukum 18 tahun penjara pada tahun 2010.

Dia berharap Presiden Joko Widodo memberikan grasi agar dapat bebas secara hukum dan merehabilitasi nama baiknya. "Kalau keluar grasi dari presiden, maka saya akan bebas murni," ujar dia.

Mantan Ketua KPK Antasari Azhar. (NET)

 

Antasari tak ingin membawa kasus lamanya diungkap kembali ke publik. Misalnya, kata dia, dugaan rekayasa kasus seorang petinggi di negara ini yang membuatnya sebagai pesakitan.

Dia mengaku pasrah menjalani hidup barunya bersama tiga orang cucu yang masih kecil. "Sejak saya keluar pintu (tahanan), kecewa dan dendam sudah saya tinggal di dalam. Saya tak mau membawa itu ke keluarga," ujar mantan jaksa itu.

Antasari menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan atas ganjaran hukuman untuk otak di balik dugaan rekayasa kasus yang menjeratnya. Dia juga meminta media massa tidak kembali mengungkit dan membuat suasana menjadi tak kondusif setelah dia bebas.

Misalnya, kata dia, menyebarkan berita yang mengkonfrontir antara Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo terkait pembebasannya. "Kasihlah berita kondusif dan benar," kata Antasari. 

DEDE ROHALI 

BACA JUGA:

Antasari Azhar Bebas Bersyarat
Bakal Bebas, Ini Kata Antasari
Menanti Bebasnya Antasari Azhar

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments