EDITOR : FIRZA ARIFIEN

1 November 2016, 11:00 WIB

INDONESIA

Di Indonesia, styrofoam atau sterofom masih banyak dipakai sebagai wadah makanan dan minuman. Kamu masih pakai juga nggak? Selain harganya yang murah, sterofom juga memudahkan kita untuk membawa makanan dan minuman ke mana pun kita pergi. So, nggak heran ya, mulai dari resto-resto sampai jajanan pinggir jalan, masih banyak yang menggunakan sterofom.

Tapi kamu tahu nggak sih kalau sterofom ini dijuluki sebagai “sampah abadi”? Penggunaan sterofom juga nggak seaman yang kita bayangkan, Guys. Nggak percaya? Coba deh baca fakta-fakta berikut, sebelum kamu menggunakan benda ini lebih banyak lagi.

1. Termasuk limbah berbahaya ke-5.

Bahan dasar dari sterofom adalah minyak mentah yang bersifat non-renewable. Artinya, jika jenis sumber daya alam ini habis, maka nggak mungkin untuk disediakan kembali. Bahkan, menurut laporan Enviromental Protection Agency (EPA) pada 1986, benda ini dinilai sebagai sumber limbah berbahaya terbesar ke-5 di dunia. 

 

2. Bisa terurai setelah 500 tahun!

Di Amerika Serikat, 3 juta ton sterofom diproduksi setiap tahunnya. Sterofom yang sering kita gunakan sebagai wadah makanan ini akan  berakhir di Tempat Pembuangan Sampah (TPS), sebanyak 2,3 juta ton setiap tahunnya. Gawatnya, sterofom butuh sedikitnya 500 tahun untuk bisa terurai. Itu artinya, sterofom yang kamu pakai hari ini, baru akan hilang pada 2516! 

Tapi selama 500 tahun itu, sterofom nggak akan benar-benar terurai, loh! Sterofom bahkan bisa aja mengurai setelah 1 juta tahun. Meski ada teknologi daur ulang, dari semua sterofom yang digunakan, hanya 1% aja yang berhasil didaur ulang. Kebayang nggak sih, kalau ratusan tahun mendatang manusia akan dikelilingi oleh sterofom?

 

3. Membahayakan biota laut.

Karena ringan, sterofom bisa dengan mudah tertiup angin dari TPS, “berkelana” dan berakhir di lautan. Hewan-hewan laut akan menganggap sterofom sebagai makanan mereka dan memakannya! Sterofom yang masuk ke tubuh hewan laut dapat menyebabkan penyumbatan, mengganggu pencernaan, mengakibatkan racun, hingga mematikan. Bahaya banget kan?

 

4. Kandungan racunnya berbahaya bagi manusia.

Dalam sterofom terkandung banyak racun, di antaranya benzena dan styrene yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, terutama saat sterofom terkena panas. Benzena dapat larut dalam makanan ketika sterofom dipanaskan. Dampaknya dapat mengancam kesehatan pada sel-sel reproduksi kita. Sedangkan styrene dapat menyebabkan iritasi pada kulit, mata, saluran pernapasan dan saluran pencernaan. Jika diuji, styrene dapat terdeteksi dalam jaringan lemak. 

5. Kita bisa hidup tanpa sterofoam!

Sebuah tindakan kecil bisa berdampak besar di kemudian hari. Banyak alternatif yang bisa kita lakukan untuk menghindari penggunaan sterofom. Seperti menggunakan wadah makanan dengan bahan mudah hancur, yang terbuat dari nabati. Untuk tempat minuman, kamu bisa menggantinya dengan tumbler berbahan stainless steel atau keramik. Gampang kan?

 

 

BACA JUGA:

Karena Sterofoam Musuh Bersama

NATURAL BLAZE | FELLYA HARTONO | RINA NUR AUFA

Read More in This Story

KAMU PERLU TAHU FAKTA-FAKTA INI!

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments