hero
Jenderal Tito Karnavian di Mako Brimob. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

31 Oktober 2016, 12:03 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Demonstrasi besar-besaran 4 November 2016 nanti terkait ucapan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dinilai sebagian orang menghina Islam. Desakan memeriksa Ahok dijawab polisi.

"Prinsipnya kami akan melaksanakan proses hukum ini sehingga saya kira semua sama di muka hukum," kata Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian, di Markas Korps Brimob, Depok, Senin, 31 Oktober 2016.

Semua berawal dari pidato Ahok di hadapan warga Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 lalu. Penafsiran Ahok terhadap ayat 51 Al Maidah mendapat kecaman luas, bahkan juga jadi saling lapor antar dua kubu berbeda pendapat.

Ahok sendiri sudah minta maaf terkait insiden itu. Pasca dilaporkan ke polisi, Ahok juga sudah diperiksa polisi pada 24 Oktober 2016 lalu. Polisi tetap bekerja memproses laporan dengan memeriksa saksi dan saksi ahli lainnya.

Ahok saat diperiksa Bareskrim. (NET)

"Kami sedang jalankan prosesnya. Saya sudah menggulirkan proses hukumnya," kata Tito. Kasus itu, lanjut Tito, masih dalam tahap penyelidikan dengan memeriksa sejumlah saksi.

Salah satu saksi pelapor yang sudah dipanggil, kata Tito, adalah Front Pembela Islam. "Tapi FPI minta ditunda. Padahal kami juga maunya cepat," kata Tito. FPI bersama beberapa organisasi Islam melaporkan Ahok pada awal Oktober lalu.

Tito mengkhawatirkan proses hukum terhadap Ahok ini sarat dengan muatan politik karena bersamaan dengan fase kampanye pemilihan gubernur DKI Jakarta. "Pihak yang akan menggunakan untuk kepentingan politik pasti ada," kata dia.

INDRIA LITA

BACA JUGA:
Tafsiran Al Maidah Ahok Berbuntut Saling Lapor
Apa Kata MUI Terkait Tafsir Al Maidah Ahok?
Ahok Diperiksa Polisi soal Surat Al Maidah
Dalami Keterangan Ahok, Bareksim Panggil Saksi Ahli

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments