EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

28 Oktober 2016, 09:05 WIB

SIDOARJO, INDONESIA

Tiga siswa kelas 11 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Satrio Adi, Shafira Qiddist Sayyida dan Lutfiyatul Laili, berhasil menciptakan robot transportasi multifungsi berbasis android. Mereka adalah Satrio Adi, Shafira dan Luthfiatul, semuanya merupakan siswa kelas 11.

Ansont, robot kursi berbasis android. (NET/Mohammad Fachmi)

Robot pengangkut multifungsi ini diberi nama Ansont atau Android System and Orientation Sense Transportation yang fungsinya untuk memudahkan segala pekerjaan mengangkut dan memindahkan barang serta bisa ditumpangi orang.

Satrio Adi, pembuat robot kursi berbasis android. (NET/Mohammad Fachmi)

Tinggal buka aplikasi dan aktifkan Bluetooth, kursi pun siap mengantarkan kamu mencari tempat untuk bersantai. Merogoh kocek sekitar Rp 5 juta, rangkaian berbagai perangkat seperti aki sebagai pembangkit tenaga, dinamo untuk menggerakkan roda dan perangkat elektronik arduino atau otak dari perangkat yang dihubungkan dengan bluetooth android.

Ansont, robot kursi berbasis android. (NET/Mohammad Fachmi)

Perangkat lain yang digunakan pada robot transportasi itu berupa kursi dan papar sebagai tumpuan kursi yang dihubungkan dengan roda. Karya mereka ini diciptakan setelah 10 hari melakukan riset. Melihat maraknya gadget android, untuk bisa dan lebih dimanfaatkan yang lebih berguna dari pada media sosila. Kursi ini bisa berjalan dengan beban maksimal 80 kilogram. Berkat ketekunannya, produk mereka menyabet juata 1 Lomba Science Project di Universitas Indonesia, Jakarta beberapa waktu lalu.

MOHAMMAD FACHMI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments